5 Tradisi Sambut 17 Agustus di Berbagai Daerah di Indonesia, Cek Sekarang

Jumat 09-08-2024,17:00 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Setiap tahun di tanggal 17 Agustus tiap daerah akan melakukan berbagai kegiatan sebagai bentuk perayaan kemerdekaan bangsa Indonesia, yuk cek ada perayaan apa aja.

17 Agustus menjadi hari yang istimewa dan bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia, pasalnya bertepatan dengan tanggal tersebut para pahlawan bangsa berhasil meraih kemerdekaan setelah puluhan tahun di jajah oleh negara asing.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi yang berbeda dalam menyambut 17 Agustus. Tradisi ini dilakukan terus dari zaman dahulu hingga saat ini, tujuannya adalah untuk terus mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului.

BACA JUGA:Setelah PAN, PDIP dan Nasdem, Demokrat Ikut Berikan Rekom untuk Helmi-Mian di Pilgub Bengkulu

BACA JUGA:Kacang Mete Menawarkan 7 Manfaat Kesehatan, Ini Kandungan Nutrisi di Dalamnya

Salah satu tradisi datang dari daerah Aceh, sebuah kota provinsi di Indonesia yang setiap 17 Agustus akan mengadakan acara Pacu Kude.

Kegiatan ini sudah dilakukan sejak masa kolomial Belanda. Orang-orang di zaman itu akan melakukan kegitan pacu kude setelah panen.

Namun setelah Indonesia merdeka kegitan ini diambil dan diresmikan oleh pemerintahan setempat dan terus dilakukan setiap perayaan kemerdekaan.

Tidak hanya itu, masih banyak tradisi lain yang terdapat di Indonesia dalam perayaan hari kemerdekaan melansir dari indonesia.travel, sebagai berikut:

BACA JUGA:7 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Ampuh Bantu Menurunkan Tekanan Darah

BACA JUGA:Setelah PAN, PDIP dan Nasdem, Demokrat Ikut Berikan Rekom untuk Helmi-Mian di Pilgub Bengkulu

1. Tradisi Pacu Kude, Aceh


--Sumber foto: (Web/rri.co.id)

Tradisi menyambut 17 Agustus yang pertama adalah pacu kude dari Aceh. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak masa kolonial Belanda.

Namun pada tahun 1956 setelah Indonesia merdeka kegiatan ini diresmikan oleh pemerintah setempat.

Kategori :