Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme, Pemprov Bengkulu Gelar Lomba Lagu Daerah Peringati HUT RI ke-79

Selasa 13-08-2024,20:04 WIB
Reporter : Tri Imron
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 tahun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menggelar lomba lagu daerah antar organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi vertikal, pada Selasa 13 Agustus 2024.

Perlombaan yang dilaksanakan di ruang theater tertutup taman budaya ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan kekayaan budaya Bengkulu melalui lagu daerah.

BACA JUGA:Polisi Patroli Kawasan Perkebunan, Imbau Masyarakat Waspada Karhutla

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu Saidirman yang hadir mewakili Gubernur Bengkulu mengungkapkan, selain untuk memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-79, lomba lagu daerah ini juga sebagai sarana untuk memperat kebersamaan antar para pegawai OPD di Provinsi Bengkulu. 

Ia berharap kegiatan ini dapat memperkuat rasa cinta terhadap budaya daerah.

BACA JUGA:Inspektorat Provinsi Bengkulu Tindaklanjuti Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK

Lanjut Kepala Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu, Perlombaan lagu daerah ini sendiri diharapkan dapat dilaksanakan hingga ke tingkat pelajar. Baik itu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

"Dengan adanya lomba ini kita harapkan dapat memperkuat dan bisa terus mengingat serta melestarikan budaya yang ada di Provinsi Bengkulu ini," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Maling Beraksi di Hajatan Warga Kebun Tebeng, Masuk Rumah dan Gasak 2 Unit Handphone

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana lomba lagu daerah Bambang Erawan mengungkapkan, lomba lagu daerah ini dilaksanakan selama dua hari yang dimana dimulai dari tanggal 13 Agustus hingga 14 Agustus 2024.

Saat ini pihaknya masih membuka pendaftaran bagi para OPD dan instansi vertikal yang berkeinginan untuk mendaftar.

BACA JUGA:PIN Polio Tahap 1 di Kabupaten Seluma Tercapai 98 Persen

"Perlombaan ini di selenggarakan selama dua hari terhitung dari hari ini sampai besok. Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan jiwa nasionalis dan rasa memiliki daerah tentunya Provinsi Bengkulu ini," jelas Ketua Panitia Pelaksana saat wawancara dengan BETVNEWS, Selasa 13 Agustus 2024.

Lanjut Ketua Panitia Pelaksana, dengan diadakan lomba lagu daerah tersebut diharapkan masyarakat Bengkulu lebih mencintai dan melestarikan budaya Bengkulu. 

BACA JUGA:BGP Bengkulu: GTK Berperan Penting Tingkatkan Motivasi Siswa Meraih Prestasi

Kategori :