Anak Terserang Flu? Kenali Berbagai Penyebabnya di Sini

Rabu 14-08-2024,06:00 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

Biasanya anak yang terserang flu karena virus akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu tiga sampai lima hari namun jika anak tersebut memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat maka flu akan cepat sembuh.

Dengan begitu asupan nutrisi dan gizi sangat berperan penting dalam peningkatan daya tahan tubuh si kecil, dengan nutrisi yang baik maka daya tahan tubuh akan semakin kuat sehingga dapat lebih kebal menahan serangan virus atau bakteri.

BACA JUGA:Cegah Peredaran Narkoba di Sekolah, Kapolda Bengkulu Gelar Audiensi Bersama SANS Bengkulu

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Flu pada Anak, Terapi Uap Salah Satunya, Cek yang Lain

2. Alergi

Penyebab flu pada anak yang berikutnya adalah alergi. Salah satu alergi yang dapat membuat anak terserang flu adalah udara dingin.

Rendahnya suhu udara membuat anak lebih rentan terserang pilek karena sistem kekebalan tubuhnya belum terlalu kuat. Allah karena itu sebaiknya anak anak dihindarkan dari suhu yang terlalu dingin seperti ruangan ber AC atau penggunaan kipas agar kesehatannya tetap terjaga.

Hal tersebut karena ketika anak terserang tuh dari udara dingin biasanya gejala yang ditimbulkan lebih parah mulai dari menggigil, demam hingga kesulitan bernapas.

Selain itu udara luar ruangan juga kerap membuat anak terserang flu karena alergi polusi dan bakteri dari luar, oleh karena itu sebaiknya ketika anak keluar rumah sebaiknya memakai masker.

BACA JUGA:Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme, Pemprov Bengkulu Gelar Lomba Lagu Daerah Peringati HUT RI ke-79

BACA JUGA:Bersin-bersin hingga Kehilangan Indra Penciuman, Ini 5 Gejala Flu pada Anak yang Harus Diwaspadahi

3. Kelelahan

Penyebab flu pada anak yang lainnya adalah kelelahan. Ketika anak mengalami kelelahan maka daya tahan tubuh anak ikut menurun.

Kondisi inilah yang membuat si kecil lebih rentan terserang bakteri atau virus salah satunya penyebab flu. Ketika anak kelelahan maka penyakit yang masuk dapat menimbulkan gejala yang lebih parah daripada biasanya.

Oleh karena itu ibu sebaiknya memperhatikan dan mengawasi kegiatan si kecil sehari-hari, Berikan si kecil istirahat yang cukup dan asupan nutrisi yang baik agar ketika terserang flu tubuh lebih cepat pulih.

BACA JUGA:Polisi Patroli Kawasan Perkebunan, Imbau Masyarakat Waspada Karhutla

Kategori :