Peringati Hari Pramuka ke-63, Sekdaprov Bengkulu Tekankan Pentingnya Gerakan Pramuka dalam Masyarakat

Rabu 14-08-2024,15:38 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Peringatan Hari Pramuka ke-63 ini tidak hanya sebagai ajang mengenang sejarah dan kontribusi gerakan Pramuka, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat komitmen terhadap misi Pramuka dalam pembangunan masyarakat. 

Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar upacara peringatan hari Pramuka ke-63 di di Balai Raya Semarak Bengkulu, pada Rabu 14 Agustus 2024. Bertindak sebagai Inspektur upcara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri. 

BACA JUGA:Uji Kesiapan Jelang Pilkada 2024, Polresta Bengkulu Gelar Simulasi Sispamkota

Isnan Fajri menyampaikan pentingnya gerakan Pramuka dalam menghadapi situasi saat ini dengan membekali anggotanya berbagai keterampilan hidup (life skill), keterampilan lunak (soft skill), keterampilan teknis (hard skill), serta kecerdasan sosial yang mencakup kecerdasan spiritual, emosional, sosial, dan intelektual.

"Gerakan Pramuka saat ini memiliki peran aktif dalam bidang pengabdian masyarakat, termasuk membantu penanganan berbagai permasalahan kebencanaan," ujar Isnan Fajri.

BACA JUGA:Distan Seluma Kembali Usulkan 70 Unit Mesin Pompa Air Antisipasi Kekeringan Lahan

Isnan Fajri mengatakan bahwa gerakan Pramuka memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi nyata dalam penanganan berbagai isu sosial dan lingkungan di tingkat lokal.

"Di masa depan, dengan tantangan yang semakin kompleks, kami berharap Pramuka terus aktif melakukan kegiatan di masyarakat dan turut membantu pembangunan daerah di Provinsi Bengkulu," sampainya. 

BACA JUGA:Ini Tanggapan BRI Cabang Bengkulu soal Dugaan Kartu ATM Ganda

Ia menambahkan bahwa keterampilan yang diperoleh anggota Pramuka bukan hanya untuk kepentingan individu, tetapi juga sebagai modal sosial yang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat komunitas. 

"Melalui pelatihan dan kegiatan yang diadakan, Pramuka diharapkan dapat terus beradaptasi dengan perubahan zaman dan berperan aktif dalam menghadapi tantangan-tantangan baru," terangnya.

BACA JUGA:Kapal Tak Bisa Masuk, 8 Ton Pisang di Pulau Enggano Terbuang Sia-sia

Isnan Fajri juga mengapresiasi peran aktif Pramuka dalam berbagai kegiatan sosial dan penanggulangan bencana, yang menunjukkan bahwa gerakan ini tidak hanya fokus pada pengembangan individu, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat. 

"Semangat dan dedikasi para anggota Pramuka merupakan aset berharga dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan di Provinsi Bengkulu," ungkapnya.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Utara Bershalawat Sambut HUT ke-79 RI

Kategori :