Takut Potong Kuku Malam-malam Karena Mitos Datangkan Hantu? Ternyata Ini Penjelasannya

Minggu 18-08-2024,17:16 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan


--(Sumber : iStockPhoto)

Terdapat banyak sekali kepercayaan mengenai kuku yang tersebar dan dipercayai oleh beragam kalangan hingga berbagai negara. 

Salah satu budaya mempercayai jika kuku panjang serta bentuk kuku dapat mempengaruhi nasib seseorang. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa kepercayaan yang percaya jika kuku panjang membawa keberuntungan sementara kuku patah merupakan suatu pertanda buruk. 

BACA JUGA:Pemkab Bakal Siapkan Kantor Khusus bagi Pejuang Veteran Asal Seluma

BACA JUGA:Seketika Mencerahkan, Yuk Terapkan 12 Rutinitas Ini di Pagi Hari untuk Menghindari Flek Hitam di Wajah


--(Sumber : iStockPhoto)

Ada juga beberapa budaya yang percaya jika potongan kuku tidak boleh dibiarkan di tempat terbuka lantaran dapat digunakan oleh makhluk halus untuk memberikan kutukan. 

Dari segi kesehatan, bentuk serta warna kuku dapat menjadi indikasi akibat masalah kesehatan tertentu, misalnya kuku pucat merupakan sebuah tanda saat seseorang terkena anemia. 

Memotong kuku sendiri tentunya baik untuk kesehatan karena dapat mencegah kuku terlalu panjang sehingga menyebabkan kuku membawa kotoran dan juga bakteri penyebab penyakit. 

BACA JUGA:6 Resep Minuman Infused Water Sehat dan Nyegerin, Yuk Konsumsi Secara Rutin

BACA JUGA:Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ini 3 Resep Olahan Makanan Bagus Turunkan Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Oleh sebab itu, dengan memotong kuku baik di siang hari maupun di malam hari dapat menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan sehingga memberikan efek positif pada tubuh. 

Sementara itu, mitos memotong kuku di malam hari yang banyak berkembang di tengah-tengah masyarakat Indonesia adalah seperti dapat memperpendek usia seseorang. 

Tidak hanya itu, banyak pula yang percaya jika memotong kuku di malam hari dapat mengundang makhluk halus hingga membuat hubungan antara anak dan juga orang tua menjadi buruk. 

BACA JUGA:5 Jenis Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Kuku, Bikin Kuku Jadi Sehat dan Cantik

BACA JUGA:Kukumu Berbintik? Itu Ciri Kuku Tak Sehat, Cek 6 Tanda Lainnya!

Kategori :