5 Manfaat Air Rebusan Kapulaga sebagai Obat Herbal, Ampuh Atasi Demam!

Selasa 20-08-2024,16:31 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Manfaat air rebusan Kapulaga sebagai obat herbal telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia dan terkenal dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

BACA JUGA:Provinsi Bengkulu Kirim 120 Kontingen ke PON Aceh-Sumut 2024

BACA JUGA:50 Kendaraan Dinas Roda Dua dan Empat Milik Pemkab Seluma Segera Dilelang

Kapulaga sendiri merupakan salah satu jenis rempah yang berasal dari biji beberapa tanaman dan termasuk ke dalam genera elettaria dan amomum atau masuk ke dalam keluarga jahe-jahean.

Biasanya tanaman Kapulaga ini tumbuh secara liar di hutan yang memiliki curah hujan yang tinggi serta dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 1,5 meter. 

Satu ini mengandung berbagai kandungan nutrisi yang tentunya adalah manfaat bagi kesehatan seperti minyak astiri, saponin, flavonoid, mangan, pati, protein, polifenol, lemak, dan juga silikat.

BACA JUGA:1 Pelaku Pencurian Kabel Listrik PLN di Kota Bengkulu Diamankan, 2 Lainnya Masih Buron

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Mengonsumsi Teh Hitam di Pagi Hari Bagi kesehatan, Khasiatnya Bukan Main

Bukan hanya itu saja tanaman rempah yang satu ini juga mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, mangan, kalsium, magnesium, kalium, dan juga fosfor. 

Kapulaga memiliki nama Latin elettaria cardamomum dan memiliki rasa gurih serta sedikit manis sehingga sering digunakan sebagai penguat rasa dan juga aroma pada masakan. 

Namun selain itu Kapulaga juga seringkali digunakan sebagai salah satu bahan di dalam ramuan jamu atau obat-obatan herbal tradisional dan diolah dalam bentuk air rebusan. 

Lantas apa saja manfaat air rebusan Kapulaga untuk obat herbal ini? Simak informasinya yang telah BETV rangkum untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Jangan Mau Terjebak Selamanya! Ini 5 Cara Hadapi Perilaku Manipulatif, Selamatkan Dirimu

BACA JUGA:Lomba Kicau Mania Dandim Cup II Mukomuko Didukung Gubernur Rohidin Mersyah

Manfaat Air Rebusan Kapulaga sebagai Obat Herbal

Kategori :