7 Penyebab Diabetes pada Anak yang Sering Tak Disadari, Nomor 6 Sering Dilakukan

Rabu 21-08-2024,13:18 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Mengetahui penyebab diabetes pada anak merupakan hal yang perlu diketahui oleh para orang tua dan menjadi ilmu dasar yang semestinya dimiliki.

BACA JUGA:Begini Cara Mengolah Daun Ketumbar Sebagai Minuman dan Obat Herbal

BACA JUGA:Semangka Menyimpan Banyak Manfaat, Dapat Mencegah Degenerasi Makula Pada Mata

Hal ini dilakukan anak agar dapat menghindari pemicu tersebut untuk melindungi anak dari masalah kesehatan yang satu ini.

Orang tua juga perlu mengingat jika diabetes ini bukan masalah kesehatan yang menyerang orang dewasa lantaran anak-anak juga dapat mengalaminya.

Bahkan melansir dari laman halodoc.com, Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) menyebut jika kasus diabetes pada anak ini meningkat hingga 70 kali dipat sejak tahu 2010 lalu.

BACA JUGA:Apel Pasukan Operasi Mantap Praja, 9.556 Personel Disiagakan Amankan Pilkada Wilayah Bengkulu

BACA JUGA:Bunda, Deteksi 7 Gejala Diabetes pada Anak Ini Sebelum Terlambat

Banyak yang menjadi faktor penyebab pemicu kondisi ini, beberapa di antaranya seperti aktivitas anak yang bergantung pada gadget sehingga mereka kurang melakukan aktivitas fisik atau kurang berolahraga.

Bukan hanya itu, diabetes ini juga dapat disebabkan oleh banyaknya konsumsi makanan dan juga minuman manis yang saat ini sangat mudah untuk didapat oleh anak.

Tipe diabetes yang seringkali ditemui pada anak-anak adalah diabetes tipe 1. Meski demikian, bukan berarti diabetes tipe 2 tidak dapat terjadi pada mereka.

BACA JUGA:Bikin Alergi, Ini 4 Efek Samping Makan Labu Siam Terlalu Banyak

BACA JUGA:5 Rekomendasi Olahan Labu Siam yang Lezat dan Bergizi, Yuk Buat di Rumah dengan Resep Ini

Biasanya diabetes tipe 1 terjadi pada anak yang tubuhnya tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin untuk mengontrol kadar gula di dalam darah dan penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. 

Namun diabetes ini dianggap terjadi akibat adanya kelainan autoimun yang menyebabkan fungsi pankreas menjadi terganggu.

Kandungan gula darah yang terlalu tinggi ini nantinya akan membuat kerja organ di dalam tubuh menjadi terganggu sehingga orang tua biasanya mengatasi hal ini dengan memberikan suntikan insulin ke tubuh anak.

BACA JUGA:6 Manfaat Labu Siam bagi Bumil, Nomor 4 Bantu Kembangkan Otak Janin

BACA JUGA:4 Manfaat Buah Rambutan untuk Bumil, Salah Satunya Bantu Pembentukan Tulang Janin

Sementara itu, diabetes tipe 2 pada anak menjadi penyakit yang kronis serta memerlukan perawatan khusus. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang dewasa meski juga dapat dialami oleh anak yang berusia di atas 10 tahun atau telah memasuki usia remaja.

Biasanya diabetes tipe 2 pada anak ini disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor keturunan, anak yang memiliki kelebihan berat badan, anak yang jarang berolahraga serta sering mengonsumsi makanan tinggi gula.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyebab diabetes ini, berikut telah BETV rangkum beberapa informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini.

BACA JUGA:Motor Tanpa Lampu Picu Kecelakaan, Remaja Asal Kaur Meninggal Dunia

BACA JUGA:Patut Diwaspadai, Inilah Sederet Efek Samping Daun Ketumbar Bagi kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Berlebih

Penyebab Diabetes pada Anak

1. Tubuh Tidak Memproduksi Insulin


--(Sumber : iStockPhoto)

Penyebab diabetes pertama yang terjadi pada anak adalah tubuh anak yang tidak bisa memproduksi insulin. Hal ini menjadi penyebab utama mengapa anak mengalami diabetes.

Tubuh tidak bisa memproduksi insulin yang cukup karena sistem kekebalan tubuh yang semestuinya berfumgsi untuk melawan bateri dan virus justru menghancurkan sel penghasil insulin di bagian pankreas.

Insulin sendiri merupakan hormon yang membantu menyerap sel-sel glukosa sehingga jika anak kekurangan insulin, kadar gula di dalam tubuh akan menumpuk dan menyebabkan diabetes.

BACA JUGA:PKS Serahkan B1KWK, Pasangan Erjon Optimis Menangkan Pilkada Seluma 2024

BACA JUGA:8 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Penumpukan Lemak di Hati

2. Genetik atau keturunan

Selain tubuh yang tidak memproduksi insulin, penyebab utama lainnya yang menyebabkan diabetes pada anak adalah karena adanya faktor genetik yang biasanya dikaitkan dengan penyakit autoimun yang menyebabkan diabetes.

Hal ini lantaran diabetes merupakan penyakit yang berpotensi untuk diturunkan pada anak sehingga jika terdapat orang tua atau saudara kandung yang mengidap diabetes baik tipe 1 maupun tipe 2, maka mereka memiliki resiko tinggi untuk menurunkan penyakit ini.

Namun perlu menjadi perhatian jika diabetes tipe-2 berpotensi lebih kuat untuk diturunkan pada anak dibandingkan diabetes tipe 1.

BACA JUGA:Jitu Memudarkan Bekas Jerawat, Begini Cara Membuat dan Mengaplikasikan 4 Bahan Alami Sebagai Masker Wajah

BACA JUGA:5 Resep Klepon Gula Merah, Manis dan Lumer di Mulut, Yuk Intip Cara Buatnya di Sini

3. Ras


--(Sumber : iStockPhoto)

Bukan hanya keturunan orang tua, ras juga ternyata dapat menjadi penyebab diabetes pada seseorang.

Seperti yang terjadi di Amerika Serikat, diabetes tipe 1 biasanya menyerang anak dengan ras kulit putih.

Sementara di wilayah Asia, wilayah Jepang menjadi wilayah yang memiliki resiko tinggi untuk terkena diabetes.

BACA JUGA:Ini Dia Resep dan Cara Membuat Tempe Mendoan Enak, Renyah, dan Crispy, Dijamin Anti Gagal

BACA JUGA:Begini Resep dan Cara Mudah Membuat Kue Lapis Pelangi, Olahan Tepung Beras Menggugah Selera

4. Infeksi Virus

Infeksi virus juga dapat menjadi penyebab munculnya penyakit diabetes pada anak lantaran terdapat virus yang dapat memicu kerusakan autoimun pada sel islet.

Kondisi ini dapat menyebabkan sel tersebut rusak dan tidak dapat lagi memproduksi insulin sehingga tubuh akan kekurangan insulin dan mengalami diabetes.

BACA JUGA:Kejati Bengkulu Teken MoU Sinergi Pengurusan Perwalian Anak Terlantar

BACA JUGA:Sedang Pilek? Coba Konsumsi Minuman Herbal Kapulaga Ini, Berikut Resepnya

5. Obesitas


--(Sumber : iStockPhoto)

Obesitas dapat menjadi penyebab anak mengalami diabetes sehingga anak yang mengalami obesitas beresiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Hal ini lantaran jaringan lemak yang ada di dalam otot dan juga sekitar perut pada pengidap obesitas cenderung mengalami resistensi insulin.

BACA JUGA:Begal Kembali Berulah di Jalan Jenggalu, Modus Minta Tolong Dorong Motor Mogok

BACA JUGA:Lanal Bengkulu Gagalkan Penyelundupan Ribuan Benih Lobster Senilai Rp875 Juta

6. Pola Makan yang Salah

Pola makan yang tidak benar juga dapat menyebabkan diabetes pada anak, terutama jika anak suka mengonsumsi makanan atau minuman yang manis.

Oleh sebab itu, orang tua perlu memastikan untuk mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh anak agar anak dapat terhindar dari resiko diabetes tipe 2 ini.

Bukan hanya mengonsumsi makanan manis, mengonsumsi daging merah atau daging olahan juga dapat meningkatkan resiko diabetes pada anak.

BACA JUGA:Punya Kapulaga Tapi Bingung Cara Pakai dalam Masakan? Coba Gunakan 6 Cara Ini!

BACA JUGA:Petani di Padang Rambun Seluma Meradang, Puluhan Hektar Padi Terserang Hama

7. Kurang Olahraga

Anak yang terlalu banyak bermain gadget dan kurang melakukan aktivitas fisik atau kurang berolahraga dapat membuat anak mengalami diabetes lantaran aktivitas fisik sangat penting dilakukan.

Aktivitas fisik atau berolahraga ini penting untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh yang berpotensi untuk menyebabkan diabetes terutama jika anak telah mengalami kecanduan gadget.

BACA JUGA:Sinergi Percepatan Sertifikasi Tanah, Pemprov Bengkulu Rapat Bersama BPN

BACA JUGA:Final! 25 Cabor Bengkulu Bertanding di PON Aceh-Sumut 2024, Dapat Bantuan Dana Rp5,8 Miliar

Demikian 7 penyebab diabetes pada anak yang perlu kamu ketahui dan hindari agar tidak sampai terjadi pada anak. Terapkan gaya hidup sehat dari sekarang, ya! Semoga bermanfaat.

Kategori :