Pemprov Bengkulu Jamin BPJS Gratis dan Beasiswa untuk Perangkat Desa

Sabtu 24-08-2024,19:51 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Untuk mewujudkan desa yang kondusif dan produktif, perangkat desa dan masyarakat perlu memiliki pola pikir yang progresif, mandiri secara ekonomi, dan menikmati kesejahteraan yang merata.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu (Pemprov) berkomitmen memberikan dukungan yang berkelanjutan, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan, demi mencapai tujuan tersebut.

BACA JUGA:Modus Transaksi COD, 1 Unit Handphone Milik Warga Flamboyan Dibawa Kabur Calon Pembeli

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menyampaikan hal ini saat acara silaturahmi dan pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Desa Bersatu Provinsi Bengkulu Masa Bhakti 2024-2029 yang digelar di Balai Raya Semarak pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

"Dalam mendukung kepala desa, khususnya di bidang pendidikan, sejak tahun lalu kami telah memberikan beasiswa kepada 100 perangkat desa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Program ini bekerja sama dengan Universitas Terbuka dan didanai sepenuhnya oleh pemerintah daerah," ujar Rohidin.

BACA JUGA:Pedagang Semakin Sedikit, Jukir PTM Kota Bengkulu Keluhkan Penghasilan Menurun

Program kuliah gratis ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama kepala desa dan perangkat desa.

Di bidang kesehatan, Pemprov Bengkulu berkomitmen memastikan seluruh warga Bengkulu dapat mengakses layanan kesehatan tanpa hambatan melalui Universal Health Coverage (UHC).

BACA JUGA:APBD Perubahan Provinsi Bengkulu Tunggu Nomor Register dari Kemendagri

"Semua masyarakat, termasuk yang belum terdaftar atau memiliki masalah dengan status keanggotaannya, kini dijamin mendapatkan layanan kesehatan secara gratis, karena sudah diakomodir oleh Pemprov," tegas Rohidin di hadapan unsur Forkopimda, kepala desa, dan seluruh peserta yang hadir.

BACA JUGA:Tak Terima Mobil Dirampas Paksa Oknum Debt Collector, Warga Teluk Segara Lapor Polisi

Rohidin juga menyambut baik kehadiran organisasi Desa Bersatu sebagai wadah komunikasi yang terstruktur dengan pemerintah. Kabar baiknya, tahun depan alokasi dana desa dari APBN akan meningkat sekitar 30-40 persen dari alokasi sebelumnya.

"Informasi yang saya terima dari pusat, alokasi dana desa nanti hampir dua kali lipat. Ini adalah hasil dari perjuangan Bapak-Ibu perangkat desa yang didukung oleh pemerintah. Harapan saya, mari kita persiapkan SDM yang unggul dengan regulasi yang tepat, sehingga benar-benar bisa membangun desa," pungkas Rohidin.

BACA JUGA:Masyarakat Diminta Lapor Jika Menemukan Lampu Jalan Mati di Wilayah Kota Bengkulu

Sementara itu, Diarwin Komena dilantik sebagai Ketua DPD Desa Bersatu Bengkulu. 

Kategori :