Warga Desa Gembung Raya Cemas Harimau Bebas Berkeliaran

Minggu 25-08-2024,15:01 WIB
Reporter : Shafrawi Salam
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Persoalan hewan buas yang masih berkeliaran di kawasan Desa Gembur Raya masih sangat mengkhawatirkan warga. 

Sehingga warga berharap harimau sumatera yang meresahkan warga tersebut bisa diatasi oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Karena jika dibiarkan berkeliaran.Tentu saja bisa menghambat aktivitas masyarakat untuk menjalankan kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Ingin Hentikan Kebiasaan Makan Junk Food dan Mulai Hidup Sehat? Coba Gunakan 6 Cara Mudah Ini

BACA JUGA:Jenis-jenis Sambal Pendamping Nasi yang Enak dan Bikin Nagih, Cobain Sekarang!

Selain itu dari hasil monitoring dan pemetaan, diketahui zona jelajah Harimau tersebut berada di kawasan PT Julang Plantation Desa telah mengambil tindakan Gembung Raya Kabupaten Bengkulu Utara.

Kapolsek Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara Iptu Khalid Wahyudi menyampaikan bahwa sebelumnya pihak BKSDA melakukan sosialisasi penanggulangan interaksi negatif hewan liar kepada masyarakat setempat. 

"Menindaklanjuti hewan buas harimau, yang masuk pemukiman dan meresahkan warga. Tim BKSDA bersama pihak terkait, telah melaksanakan survey lokasi dan memasang perangkap di dua titik lokasi yang berada di kawasan PT. Julang Plantation dan di seputaran Desa Gembung Raya," kata Khalid.


Ia juga menjelaskan bahwa, masing-masing perangkap juga dipasang kamera pengintai guna memastikan pergerakan harimau di dua lokasi tersebut. 

BACA JUGA:Ini 5 Jenis Junk Food yang Ada di Sekitarmu, Nomor 2 Paling Disukai

BACA JUGA:5 Bahaya Junk Food untuk Tubuh, Salah Satunya Sebabkan Jerawat, Masih Ingin Konsumsi?

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak  berkebun seorang diri dan melakukan pengusiran yang dapat membahayakan diri sendiri maupun terhadap hewan tersebut. Apabila harimau telah berhasil diamankan, tetap akan dilepaskan kembali ke dalam habitatnya yang jauh dari pemukiman warga. Sehingga masyarakat dapat beraktifitas kembali seperti biasanya," sambung Iptu Khalid.

Sementara itu, Kepala Dusun Limas Jaya Rizky Rizantio mengatakan bahwa berdasarkan keterangan dari warga terdapat 4 ekor harimau yang berkeliaran hingga ke pemukiman warga di Dusun Limas Jaya, dusun talang rapak hingga di alas bangun, yang menyebabkan warga semakin resah.

"Berdasarkan dari laporan warga ada sekitar 4 ekor harimau yang  berkeliaran di permukiman warga. Sehingga, membuat resah warga setempat. Dengan memangsa hewan ternak warga, seperti anjing, kambing maupun ayam," kata Rizky.

Kategori :