Mengkhawatirkan, Ini 6 Cara Cegah Penyakit Cacar Monyet yang Penting Diketahui

Sabtu 31-08-2024,15:57 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Penularan cacar monyet juga dapat terjadi melalui barang-barang yang terkontaminasi dengan sekresi tubuh hewan atau manusia yang terinfeksi. 

Oleh sebab itu, untuk mencegah penularan ini kamu perlu menghindari menggunakan pakaian, peralatan, atau benda lain yang mungkin telah terkontaminasi. 

Namun jika kamu terpaksa harus menangani barang-barang yang mungkin terpapar infeksi, pastikan untuk mengenakan pelindung yang sesuai dan mencuci tangan setelahnya.

BACA JUGA:Sekda Seluma Imbau Masyarakat Tak Tergiur Oknum Janjikan Kelulusan CPNS 2024

BACA JUGA:Anggota DPRD Bengkulu Usin Sembiring Gelar Syukuran dan Acara Kerja Tahun Guro-guro Aron 2024

4. Jaga Kesehatan Hewan Peliharaan

Lantaran kasus infeksi cacar monyet ini banyak terjadi akibat hewan peliharaan, maka penting untuk memastikan  bahwa hewan-hewan tersebut sehat dan tidak menunjukkan gejala yang mencurigakan.

Hewan peliharaan yang sakit ini dapat menjadi sumber infeksi bagi manusia sehingga kamu perlu memastikan jika hewan peliharaan menerima perawatan kesehatan yang rutin dan melakukan pemeriksaan berkala dengan dokter hewan.

Hewan peliharaan yang berasal dari daerah endemik harus selalu diwaspadai, dan jika hewan-hewan tersebut menunjukkan tanda-tanda sakit, segera bawa mereka ke dokter hewan.

BACA JUGA:Toxic Relationship Bisa Dialami Siapa Saja, Ini Tanda yang Perlu Diketahui, Mau Tetap Bertahan?

BACA JUGA:Mulai Dari Hidangan Asin hingga Tambahan Minuman, Ini 6 Cara Olah Kapulaga ke Dalam Masakan

5. Waspadai Gejala dan Cari Pertolongan Medis


--(Sumber : iStockPhoto)

Jika kamu mengalami gejala yang mencurigakan setelah kontak dengan hewan atau individu yang terinfeksi, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan tenaga medis untuk melakukan tindakan pencegahan. 

Gejala cacar monyet ini termasuk demam, ruam kulit, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Dengan melakukan diagnosis dini dan perawatan yang cepat dapat membantu mencegah komplikasi dan penyebaran lebih lanjut.

BACA JUGA:Lidah Buaya Ampuh Mengatasi Ketombe di rambut, Ini Manfaat Lainnya yang Perlu Diketahui

Kategori :