Tanggapan Senator Ahmad Kanedi Soal Ultimatum Tim Hukum Helmi-Mian Atas Pencalonan Rohidin-Meriani

Selasa 03-09-2024,18:27 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS – Menanggapi berbagai perbincangan dan isu seputar proses pendaftaran kandidat di provinsi dan kabupaten, H Ahmad Kanedi SH, MH, yang akrab disapa Bang Ken, memberikan klarifikasi terkait pencalonan Gusnan Mulyadi dan Rohidin Mersyah. 

Sebagai advokat senior dan dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA), Bang Ken menegaskan bahwa dari sudut pandang hukum dan praktek penyelenggaraan pemilu, tidak ada masalah yang signifikan dalam proses tersebut.

BACA JUGA:5 Pjs Bupati Ditunjuk oleh Gubernur Bengkulu untuk Diusulkan ke Kemendagri

"Dari sudut pandang hukum dan juga pelaksanaan penyelenggaraan negara, tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan," kata Bang Ken. 

Ia juga menyebutkan bahwa baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Bawaslu telah menyatakan bahwa proses pencalonan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan berada 'on the track.'

BACA JUGA:Perkuat Sinergitas, Kapolda Bengkulu Terima Kunjungan Silahturahmi Kepala BNN Provinsi Bengkulu

Bang Ken mengakui adanya pihak-pihak yang mungkin mempersoalkan pencalonan ini, namun ia menyebut hal tersebut sebagai 'sesat pikir.'

"Kalaupun ada yang mempersoalkan, mungkin itu hanya sesat pikir. Kita perlu melihat semua aspek secara komprehensif sebelum menyimpulkan," lanjutnya.

BACA JUGA:Sempat Dilaporkan ke Polisi, Kasus Penganiayaan Anak di Sekolah Dasar Kota Bengkulu Berakhir Damai

Bang Ken juga meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang beredar. 

Ia mengajak seluruh pihak, termasuk KPU dan Bawaslu, untuk menjalankan tugas sesuai aturan yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA:Gandeng KPU dan Bawaslu, Kesbangpol Berikan Pendidikan Politik terhadap Pemilih Pemula di Seluma

"Jika ada yang mempersoalkan, mungkin ada motif tertentu, mungkin untuk mengganggu konsentrasi persiapan pasangan calon, atau ada niat lain. Namun, saya mengajak masyarakat untuk tidak terpengaruh dan tetap bergembira menyambut Pilkada 2024," ujar Bang Ken.

BACA JUGA:KPU Seluma: Logistik Pilkada Dipesan Usai Penetapan DPT

Bang Ken berharap agar semua pihak dapat menyikapi Pilkada 2024 dengan penuh semangat demokrasi dan fokus pada upaya menyukseskan pesta demokrasi yang akan datang.

Kategori :