28.311 Warga Kota Bengkulu Sudah Tercover BPJS Gratis per 1 September

Kamis 05-09-2024,18:38 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi menerangkan, sebanyak 28.311 jiwa di Kota Bengkulu yang tercover program BPJS gratis atau Universal Health Cover (UHC) Pemkot Bengkulu per 1 September 2024.

"Sudah 28.311 jiwa tercover BPJS gratis. Kita menjamin setiap warga Kota Bengkulu yang sakit, tidak ada kendala lagi untuk mereka berobat karena sudah ada program UHC. Jadi intinya 100 persen warga kota terjamin kesehatannya melalui UHC," kata Pj Walikota Bengkulu. 

BACA JUGA:Harga Anjlok, Alumni Gadjah Mada Bengkulu Bagikan Tomat Gratis kepada Masyarakat

Ia juga berharap dengan tercapainya UHC di Kota Bengkulu dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Semoga UHC di Kota Bengkulu terus dapat dipertahankan dan ditingkatkan sehingga semua lapisan masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang bermutu," tuturnya.

BACA JUGA:Jual Mobil di Media Sosial, Pria di Kota Bengkulu Justru Tertipu Ratusan Juta

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Joni Haryadi Thabrani menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota Bengkulu menganggarkan Rp12 miliar untuk program Universal Health Cover (UHC) warga di tahun 2024.

"Tahun ini pemerintah kota mengalokasikan Rp12 miliar untuk pembiayaan UHC yang diambil dari APBD sebesar Rp7 miliar yang sudah dianggarkan dan nanti ditambah di perubahan sebesar 5 miliar," terangnya.

BACA JUGA:Minuman Herbal Ini Dapat Dimanfaatkan untuk Meredakan Pilek, Cek Resep Racikan di Sini

Kadinkes juga menyampaikan untuk persentase masyarakat Kota Bengkulu sudah tercover program UHC sebesar 100 persen.

Hal ini merupakan bentuk nyata kepedulian dan perhatian pemerintah kota di bidang kesehatan. Khususnya kepada warga yang tidak mampu, tidak ditanggung Penerima Bantuan Iuran (PBI), dan bukan merupakan ASN.

BACA JUGA:Antisipasi Hoax Jelang Pilkada 2024, Kapolres Kaur Imbau Masyarakat Bijak dalam Bermain Media Sosial

"Walaupun UHC kota Bengkulu telah mencapai 100 persen, akan tetapi jumlah warganya terus bertambah setiap tahun, terutama dari kabupaten-kabupaten sekitar. Namun, pemerintah kota terus berupaya agar semua warga tetap tercover," sambungnya.

Jaminan Kesehatan Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

BACA JUGA:Hampir 1 Tahun Buron, DPO Pengeroyokan Nelayan di Pasar Bengkulu Berhasil Diringkus

Kategori :