Ini 5 Perbedaan Manfaat Susu Sapi dan Susu Kambing, Mana yang Lebih Sehat?

Sabtu 07-09-2024,15:06 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

1. Kemudahan Pencernaan


--(Sumber : iStockPhoto)

Perbedaan pertama datang dari segi kemudian tubuh dalam mencerna kedua jenis susu ini. 

Susu kambing sering dianggap lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi lantaran protein dalam susu kambing memiliki struktur yang lebih lembut dan ukuran partikel lemak yang lebih kecil. 

Hal ini membuat susu kambing lebih cepat dipecah oleh sistem pencernaan, yang bermanfaat bagi individu yang memiliki sensitivitas atau intoleransi terhadap susu sapi. Struktur protein ini juga berpotensi untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti kembung atau nyeri perut. 

Sementara itu, susu sapi diketahui dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan bagi sebagian orang, terutama mereka yang tidak toleran terhadap laktosa atau kasein.

BACA JUGA:Ketahui 6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh, Kandungannya Dapat Mencegah Kanker, Cek di Sini

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Mengonsumsi Brokoli Secara Berlebihan, Picu Alergi hingga Gangguan Tiroid

2. Kandungan Nutrisi

Perbedaan selanjutnya datang dari kandungan nutrisi kedua jenis susu. 

Susu kambing dan susu sapi keduanya kaya akan nutrisi penting, namun terdapat perbedaan dalam konsentrasi beberapa vitamin dan mineral. 

Susu kambing mengandung lebih banyak vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, susu kambing juga mengandung vitamin B6 yang berperan dalam metabolisme protein. 

Sementara itu, susu sapi umumnya lebih tinggi kandungan vitamin B12, yang penting untuk produksi sel darah merah dan fungsi saraf. Kalsium dan fosfor, yang juga penting untuk kekuatan tulang dan gigi, terdapat dalam kedua jenis susu ini, tetapi tingkat dan bioavailabilitasnya bisa berbeda.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Manfaat Mengonsumsi Brokoli Oleh Anak, Jaga Sistem Imun Sampai Kesehatan Mata

BACA JUGA:9 Cara Mudah Atasi Insomnia, Lakukan Relaksasi hingga Terapkan Jadwal Tidur Konsisten

3. Kandungan Lemak

Kategori :