6 Efek Samping Makan Buah Bit Berlebih, Salah Satunya Sebabkan Masalah Lambung

Selasa 10-09-2024,11:09 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS  - Makan buah bit berlebih dapat menimbulkan berbagai efek samping, salah satunya sebabkan masalah lambung, yuk simak pembahasannya di sini.

Buah yang berasal dari kawasan Mediterania ini dulunya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional. Namun saat ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan atau diolah menjadi berbagai makanan dan minuman lezat.

Buah bit dapat tumbuh subur mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Ciri khusus dari buah ini adalah warnanya yang merah keunguan dan berbentuk seperti bawang bombai.

BACA JUGA:8 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu, Cek Sekarang

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Bit untuk Kecantikan, Salah Satu Anti Aging Alami Rahasia Kecantikan yang Tersembunyi

Namun meskipun banyak menyimpan manfaat, buah bit tidak dianjurkan dikonsumsi berlebih karena dapat menimbulkan efek saming.

Salah satu efek samping makan buah bit berlebih adalah alami masalah lambung. Hal tersebut karena buah bit memiliki kandungan gas cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebih menyebabkan perut kembung.

Tidak hanya itu, konsumsi buah bit berlebih juga dapat sebebkan batu ginjal, ruam, feses berubah warna dan tekanan darah menjadi rendah.

Melansir dari honestdocs.id, berikut efek samping makan buah bit berlebih.

BACA JUGA:Baik Bagi Penderita Darah Tinggi, Ini 10 Manfaat Kesehatan Buah Bit untuk Tubuh

BACA JUGA:Tenggorokan Masih Sakit? Coba Konsumsi 8 Minuman Sehat Ini, Dijamin Nyeri Hilang

1. Beeturia


--(Sumber foto: Web/doktersehat.com)

Efek samping makan buah bit berlebih yang pertama adalah beeturia. Seperti yang dikatakan sebelumnya beeturia merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan berubahnya warna urine.

Efek samping satu ini umum dialami seseorang yang mengkonsumsi buah bit berlebih, berubahnya warna urine dapat terjadi karena kekurangan zat besi di dalam tubuh.

Kategori :