Wilayah Bengkulu Masuk Masa Peralihan Musim Kemarau ke Hujan

Kamis 12-09-2024,17:13 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BENGKULU - Wilayah Provinsi Bengkulu saat ini menjadi salah satu daerah yang memasuki masa peralihan musim kemarau ke hujan.

Hal ini berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas Tiga Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Prakirawan BMKG Fatmawati Bengkulu, Andre Alfando mengatakan, prediksi BMKG awal September ini menandai dimulainya musim transisi di Provinsi Bengkulu.

Hasil analisa cuaca menunjukkan adanya potensi curah hujan yang signifikan di beberapa area.

BACA JUGA:4 Titik Lahan di Kaur Terdampak Kebakaran Sepanjang Agustus 2024

"Kondisi geografis Bengkulu memiliki rentang waktu cuaca yang tersendiri, Sehingga cuaca di tingkat nasional tidak selalu sama dengan kondisi di Provinsi Bengkulu," kata Andre Alfando, Kamis 12 September 2024.

Untuk tiga hari ke depan, 12-14 September 2024 BMKG memprediksi sejumlah titik wilayah di Bengkulu, waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian wilayah Kab. Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma dan Bengkulu Selatan.

Pihak BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang cepat.

BACA JUGA:Dinkes Kota Bengkulu Catat 9 Penambahan Kasus HIV Baru di Awal September 2024

Pagi Hari: Umumnya cerah berawan. Berpotensi hujan dengan intensitas ringan di sebagaian wilayah kab. Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu dan Seluma.

Siang dan Sore Hari: Umumnya berawan. Berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kab. Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

BACA JUGA:Amar Putusan Belum Siap, Sidang Putusan Kakek Cabuli Cucu Kandung di Bengkulu Ditunda

Malam Hari: Umumnya cerah berawan. Berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di wilayah kab. Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Selain itu, BMKG juga memperingatkan mengenai ketinggian gelombang laut yang saat ini berkisar antara dua meter hingga dua koma lima meter.

Nelayan diimbau untuk tetap berhati-hati saat melaut dan memantau informasi cuaca terbaru dari situs resmi BMKG guna memastikan keselamatan selama beraktivitas di laut.

Kategori :