Penting! Kenali 6 Gejala Anxiety Disorder Ini, Salah Satunya Kesulitan Bernapas

Sabtu 14-09-2024,11:20 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Penting untuk mengenali gejala anxiety disorder agar kamu dapat mengenalinya jika suatu saat kamu berhadapan atau bertemu dengan situasi ini. 

BACA JUGA:Ini 6 Penyebab Anxiety Disorder, Salah Satunya Stres Berkepanjangan

BACA JUGA:Kemenag Kaur Ajukan 1.000 Buku Nikah Format Baru, Versi Lama Akan Ditarik Kembali

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder sendiri merupakan sebuah kondisi mental yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Kecemasan memanglah bukanlah hal yang baru dan dapat dirasakan oleh siapapun, namun tingkat keparahan dan dampaknya semakin dirasakan seiring dengan peningkatan tekanan hidup dan perubahan sosial yang cepat. 

Di dalan kehidupan masyarakat modern yang serba cepat ini, berbagai faktor seperti tekanan pekerjaan, masalah keuangan, dan tuntutan sosial dapat memicu atau memperburuk gangguan kecemasan. 

BACA JUGA:Dorong Peningkatan Produksi UMKM di Benteng, Universitas Terbuka Berikan Hibah Barang Produksi

BACA JUGA:Mengenal Anxiety Disorder, Masalah Mental yang Kian Marak Terjadi, Apa Itu?

Namun sayangnya kondisi ini sering kali diabaikan atau dianggap remeh, padahal dampaknya bisa sangat signifikan bagi kualitas hidup seseorang lantaran merupakan masalah mental. 

Kecemasan merupakan sebuah respons normal terhadap situasi stres atau ancaman. Namun ketika kecemasan menjadi berlebihan dan tidak sesuai dengan situasi yang dihadapi, hal itu bisa berkembang menjadi gangguan kecemasan. 

Hal ini pada akhirnya bukan hanya tentang merasa cemas sesekali, tetapi tentang perasaan cemas yang terus-menerus mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. 

BACA JUGA:6 Resep Minuman Ini Enak dan Bikin Segar, Cocok Jadi Menu Sehari-hari di Rumah

BACA JUGA:24 Paguyuban Jaranan Seluma Deklarasikan Kemenangan Erwin Octavian - Jonaidi, SP

Gangguan kecemasan dapat mengganggu berbagai aspek kehidupan, mulai dari hubungan pribadi hingga pekerjaan, dan bisa membuat seseorang merasa tertekan dan terisolasi.

Oleh sebab itu, mengenali gejala gangguan kecemasan adalah langkah pertama yang sangat penting lantaran banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gangguan kecemasan dan mungkin merasa malu atau enggan untuk mencari bantuan. 

Kategori :