Menjala Asa di Kampung Berseri Astra

Menjala Asa di Kampung Berseri Astra

Cornelis Irianto, warga Kelurahan Lempuing Kota Bengkulu salah satu warga yang merasakan program Kampung Berseri Astra, yang telah mengangkat perekonomian keluarganya, Jum'at 18 November 2022.--(Sumber Foto: Pitok/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Siapa yang menyangka, jika dahulunya warga di 7 Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 11, RT 12, RT 13, RT 14, RT 15, RT 16 dan RT 17 di RW 03, Kelurahan Lempuing ini adalah lingkungan kumuh. Rata-rata warga di lingkungan ini bekerja serabutan, seperti nelayan dan kuli bangunan. 

Namun, sejak lingkungan ini dinobatkan sebagai Kampung Berseri Astra (KBA) oleh Patriana Sosialinda Wakil Walikota Bengkulu saat itu. Secara bertahap mampu mengangkat perekonomian warganya. 

BACA JUGA:Desa Air Sempiang Kepahiang, Juara I Desa Wisata Tingkat Provinsi Bengkulu

Seperti yang dirasakan oleh Cornelis Irianto. Yanto, begitu ia akrab disapa ini sehari-hari berkerja sebagai nelayan. Meski hanya 1 dari 4 orang anaknya mendapatkan beasiswa dari Astra berseri. Namun ia sangat bersyukur, karena bisa menaikkan harkat dan martabat keluarganya. 

“Alhamdulilah, 1 anak saya dapat beasiswa dari Astra berseri hingga tamat SMA," ungkapnya sambil memperbaiki jala (alat penangkap ikan,red) miliknya. 

BACA JUGA:HUT Provinsi Bengkulu di Kabupaten Mukomuko dan Kepahiang

Ditemui ditempat berbeda, Syahroni (43) ketua kampung berseri Astra Lempuing mengatakan jika Beasiswa Astra Berseri ini adalah implementasi dari pilar pendidikan Kampung Berseri Astra. 

“Total ada 35 kuota beasiswa yang telah diberikan, 1 penerima beasiswa ini sudah menamatkan bangku kuliah,” jelasnya. 

BACA JUGA:Tidak Hanya Ashanty dan Anang Hermansyah, Putra Bungsu Pesiden RI Pertama Juga Hadir di HUT Provinsi Bengkulu

Di samping itu, pihaknya juga memberikan pelatihan seperti pembuatan masker dan tempat mencuci tangan selama pandemi covid-19 lalu. 

“Bagi warga yang ingin mendapatkan tambahan modal usaha, kita juga memfasilitasi koperasi yang setiap peminjamnya tidak dikenai bunga,” paparnya. 

BACA JUGA:Elon Musk Tutup Kantor Twitter, Hastag #RIPTwitter Jadi Trending Dunia

Di tahun ini, untuk menyemarakkan lagi kegiatan Kampung Berseri Astra ini. Pihaknya bersama anak muda di kawasan ini memperindah dinding dengan coretan mural. 

“Impian saya, Kampung Berseri Astra ini bisa menjadi salah satu tempat swafoto bagi kaum milenial. Mereka bisa berfoto dimural yang dilakukan secara bertahap,” harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: