Ini Aturan FIFA dalam Menetapkan Peringkat Klasemen Piala Dunia

Ini Aturan FIFA dalam Menetapkan Peringkat Klasemen Piala Dunia

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS- Persaingan memperebutkan dua tempat menuju babak 16 besar semakin ketat. 

Piala Dunia Qatar 2022 telah memasuki hari kesembilan. Sejumlah grup juga telah memainkan pertandingan pada matchday kedua.

BACA JUGA:2 Bocah Kakak Beradik Jatuh ke Sumur Hingga Meninggal Dunia

Salah satu grup yang sudah menyelesaikan matchday kedua Piala Dunia 2022 adalah Grup E yang dihuni oleh Spanyol, Jerman, Jepang, dan Kosta Rika. Kemenangan Kosta Rika atas Jepang dan hasil seri melawan Spanyol vs Jerman di matchday kedua membuat persaingan di Grup E menjadi sengit.

Spanyol saat ini masih memimpin klasemen Grup E Piala Dunia 2022 dengan raihan empat poin. Di bawah Spanyol, Jepang dan Kosta Rika masing-masing mengoleksi tiga poin.

BACA JUGA:Penggerebekan Lokasi Sabung Ayam, Diwarnai Tembakan Peringatan di Air Sebakul Kota Bengkulu

Jepang yang unggul selisih gol berhak menduduki peringkat kedua di atas Kosta Rika. Sementara itu, Jerman yang mengoleksi satu poin menempati posisi terbawah di Grup E.

Secara matematis, seluruh tim di Grup E termasuk Jerman yang menghuni dasar klasemen masih memiliki peluang lolos ke babak 16 besar. Dua tim peringkat teratas akan maju ke babak sistem gugur Piala Dunia 2022.

BACA JUGA:Polres Kota Bengkulu Amankan Ratusan Botol Miras Dalam Operasi Pekat Nala II

Pada matchday terakhir Grup E, Spanyol akan menghadapi Jepang, sedangkan Jerman akan bertemu Kroasia. Jika melihat situasi terkini di Grup E dan potensi kejutan yang bisa saja terjadi lagi, ada kemungkinan dua tim atau lebih akan menuntaskan grup dengan poin yang sama.

FIFA telah menetapkan cara menentukan peringkat di fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Aturan ini tertuang dalam pasal III butir 12 tentang format lomba.

BACA JUGA:Setelah Ringkus 2 Pelaku Curas di STQ, Polisi Tetapkan 1 Orang DPO

Sama seperti pertandingan sepak bola pada umumnya, setiap kemenangan di babak penyisihan grup Piala Dunia diganjar dengan tiga poin, seri satu poin, dan kalah nol poin. Tim yang memiliki jumlah poin terbanyak berhak menjadi peringkat pertama grup alias juara grup.

Jika ada dua tim atau lebih yang berhasil mengumpulkan jumlah poin yang sama setelah pertandingan fase grup usai, urutan kriteria peringkat alias tie breaker adalah sebagai berikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: