dempo

KPP Bengkulu Satu Raih Predikat WBBM

KPP Bengkulu Satu Raih Predikat WBBM

Pencanangan Pembangunan ZI WBK/WBBM bersama gubernur Bengkulu. --(Sumber Foto: Istimewa/BETV)

JAKARTA, BETVNEWS- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Jakarta, Selasa 13 Desember 2022.

Peringatan Hakordia Kemenkeu tahun ini mengambil tema “Integritas Tangguh, Pulih Bertumbuh”.

BACA JUGA:HUT DWP dan Hari Ibu, Begini Harapan Wakil Bupati Seluma

Peringatan Hakordia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember, menjadi momentum penting untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya mengawal keuangan negara dan penguatan budaya integritas di seluruh lini. 

Dalam acara Puncak Peringatan Hakordia yang diselenggarakan oleh Kemenkeu, salah satu kegiatannya adalah Penganugerahan kepada unit kerja meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dari sisi organisasi, Kemenkeu menjadi institusi yang sangat memperhatikan integritas organisasi melalui adanya Zona Integritas (ZI) WBK/WBBM.

BACA JUGA:Walikota Helmi Minta Terus Promosikan Kota Bengkulu

Kegiatan penilaian ZI WBK/WBBM ini sangat berbeda sejak terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 90 Tahun 2021 dan Surat Edaran (SE) Menpan RB Nomor 15 tahun 2022.

Sebagai kementerian yang memberikan capaian kontribusi terbesar untuk WBK/WBBM nasional selama 4 tahun terakhir, untuk tahun 2022 Kemenkeu telah melakukan evaluasi secara mandiri terhadap unit berpredikat WBK/WBBM melalui tahapan yang panjang dan berjenjang, berkolaborasi dengan Kementerian PAN-RB, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Ombudsman RI. Dengan hasil evaluasi 269 unit kerja berhasil memperoleh predikat WBK/WBBM.

BACA JUGA:Hari Kedua Dibuka, Pendaftaran PPS di Benteng Membludak

Dari 269 unit kerja tersebut, sebanyak 186 unit kerja meraih predikat WBK dan sebanyak 83 unit kerja meraih predikat WBBM.

83 unit kerja tersebut, 31 diantaranya berasal dari unit kerja Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dan salah satunya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bengkulu Satu berhasil meraih predikat WBBM tersebut.

Capaian predikat tersebut tidak terlepas dari adanya partisipasi para wajib pajak untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan DJP yang bersih tanpa korupsi.

BACA JUGA:Warga Ketahun Lapor Polisi, Ini Perkaranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: