Natal dan Tahun Baru, Tol Bengkulu - Taba Penanjung Dibuka Gratis

Natal dan Tahun Baru, Tol Bengkulu - Taba Penanjung Dibuka Gratis

Para petugas dari PT Hutama Karya, yang akan melakukan pengamanan selama pembukaan Tol Bengkulu - Taba Penanjung, Selasa 20 Desember 2022.--(Sumber Foto: Ria/Istimewa/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1482/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Lubuk Linggau - Curup Bengkulu Seksi 3 (Bengkulu–Taba Penanjung), PT Hutama Karya akan membuka toko sepanjang 17,69 KM tersebut sejak Jum'at 23 Desember 2022 mendatang pada pukul 08.00 Wib secara gratis.

Berdasarkan penjelasan Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya, bahwa sebelumnya telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13-13 April 2022, serta uji coba pengoperasian pada saat Mudik Lebaran 2022 yang lalu, dari sekitar 45 ribu lebih kendaraan yang melintas tidak ada terjadi kecelakaan.

BACA JUGA:Hari Ibu Jadi Momentum Penghargaan bagi Perempuan Se-Nusantara

“Sesuai arahan regulator, kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima Kepmen tersebut. Adapun untuk mendukung pengoperasiannya, kami telah menyiapkan fasilitas dan personil siaga diantaranya yakni 101 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis & patroli. Nantinya akan diberlakukan sistem one gate dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) Bengkulu di daerah Betungan,” tutur Koentjoro.

Selanjutnya, bahwa petugas yang akan bersiaga disepanjang jalan tol tersebut, sebelumnya sudah diberikan pelatihan terkait kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya sehingga sudah siap memberikan pelayanan kepada pengguna jalan tol.

“Karena jalan tol ini merupakan yang pertama di Provinsi Bengkulu, perlu dilakukan sosialisasi kepada pengguna jalan tol yang melintas dan saat ini masih belum ditetapkan tarif selama masa sosialisasi," tambahnya.

BACA JUGA:Oknum Kades di Seluma Dilaporkan ke Polisi, Diduga Lakukan Asusila

Kendati penggunaan jalan tol tersebut tidak dipungut biaya apapun, akan tetapi saat melintas di GT Bengkulu, tetap diminta menggunakan tapping kartu yang elektronik. 

"Kami juga mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas, untuk dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas diantaranya yakni dengan berkendara dengan kecepatan maksimal 80 km/jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan minimal 10-20 meter, dan pastikan kendaraan tidak melebihi muatan,” tutup Koentjoro.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Ibu Negara Batal ke Bengkulu

Sebelum menggunakan jalan tol, kendati tidak dipungut biaya akan tetapi pengendara harus memastikan kartu uang elektronik memiliki saldo yang cukup sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

BACA JUGA:Hasil Lab Keluar, 600 Sampel Filariasis Dinyatakan Negatif

Selain itu untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: