Selain Seluma, Kabupaten di Bengkulu Ini Juga Punya Potensi Emas yang Melimpah

Selain Seluma, Kabupaten di Bengkulu Ini Juga Punya Potensi Emas yang Melimpah

Aktivitas tambang. --(Sumber Foto: liputan6.com)

BETVNEWS- Emas adalah logam mulia yang disukai banyak orang. Tidak jarang, banyak orang yang menggunakan Emas untuk investasi. Penambangan Emas merupakan bisnis global yang beroperasi di banyak wilayah Indonesia, salah satunya Bengkulu.

Siapa yang menyangka, Provinsi Bengkulu ternyata memiliki potensi penghasil emas yang melimpah.

Baru-baru ini, santer dikabarkan mengenai keberadaan emas di Kabupaten Seluma yang tersembunyi di antara hutan lindung. 

BACA JUGA:Menggiurkan, Emas di Seluma Mulai Dilirik Investor

Tidak main-main, potensi emas yang terdapat di Kabupaten Seluma dikabarkan bisa mengalahkan PT Freeport yang ada di Papua. 

Bahkan, beberapa investor juga telah melirik emas yang ada di kabupaten Seluma tersebut. Meskipun masih terkendala izin, namun saat ini pihak terkait masih berusaha untuk bisa melakukan eksplorasi emas di wilayah hutan lindung Seluma. 

Namun rupanya, kabupaten yang berpotensi sebagai penghasil emas bukan hanya di Seluma saja. 

BACA JUGA:Buntut Gaji Belum Dibayar, Honorer Damkar di Mukomuko Kembalikan Armada

Seperti yang sudah dikenal luas, Kabupaten Bengkulu Utara memiliki potensi emas yang sudah tersohor di seluruh negeri. Pasalnya, emas yang terletak di puncak Monumen Nasional (Monas), Jakarta, diambil dari Kabupaten ini, tepatnya di Desa Lebong Tandai, Kecamatan Napal Putih. Bahkan, sudah sejak abad 19 wilayah ini terkenal sebagai kawasan penambangan emas. 

Selain itu, Kabupaten Kaur juga memiliki potensi emas yang cukup melimpah. Hal tersebut membuat beberapa warga Kabupaten Kaur tepatnya yang berada di Kecamatan Luas dan Kecamatan Moearasahoeng, Kabupaten Kaur Tengah, Propinsi Bengkulu, bekerja sebagai pencari emas.

BACA JUGA:PAD Tak Capai Target, Ini Warning Keras Wabup Kepahiang Untuk OPD

Emas tersebut berada di sekitaran Sungai Luas, sehingga butiran emas kerap tercampur dengan pasir sungai. Masyarakat sekitar memperoleh emas dengan mendulang menggunakan alat tradisional yang mirip dengan ayakan pasir terbuat dari kawat atau benang nilon.

Tidak hanya di kabupaten tersebut, potensi emas juga ditemukan di wilayah Kabupaten Lebong tepatnya di Kecamatan Pinang Belapis. Sebagian masyarakat di wilayah tersebut bergantung dengan usaha pertambangan emas yang masih dilakukan secara tradisional.

BACA JUGA:Bagai Harta Karun Tersembunyi, Ternyata Provinsi Bengkulu Menyimpan Potensi Emas Luar Biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway