Pensiun Dini dari PNS, Ini Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Biar Dompet Tetap Terisi

Pensiun Dini dari PNS, Ini Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Biar Dompet Tetap Terisi

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: unida.ac.id)

BETVNEWS- Salah satu keuntungan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yakni tetap menerima gaji meski sudah tidak bekerja lagi. Namun, mereka yang pensiun dini juga harus sadar bahwa perjalanan hidup masih panjang.

Tidak ada salahnya menikmati hidup di masa pensiun, namun bagi yang masih memiliki kewajiban keuangan lainnya, ada baiknya mempertimbangkan untuk membuka usaha sampingan.

BACA JUGA:Mau Coba Investasi di Reksa Dana Syariah? Intip Kiat Suksesnya di Sini

Tentu saja, pendapatan dari bisnis ini dapat dialokasikan untuk berinvestasi, sehingga dapat mandiri secara finansial dalam waktu yang ditentukan.

Berikut lima ide bisnis yang cocok untuk pensiunan PNS.

BACA JUGA:Persiapan Skema Pensiun Dini Massal, Simak Dokumen dan Syarat Pensiun Dini

1. Penyewaan aset

Penyewaan aset sebenarnya dapat berupa persewaan kendaraan bermotor, persewaan rumah, penginapan, sound system, perlengkapan pesta, atau aset guna lainnya. 

Bisnis ini cocok untuk para pensiunan karena sifatnya yang tidak menguras banyak tenaga dan pikiran. Bisnis ini cocok bagi mereka yang memiliki sejumlah aset bekas yang jarang digunakan. Namun, tidak mencakup pensiunan yang ingin membeli aset tersebut dengan tujuan untuk disewakan. 

Jika tertarik untuk memulai bisnis ini, usahakan untuk menyewakan terlebih dahulu aset yang dimiliki daripada harus membeli yang baru.

Ketika ingin membeli baru, jangan lantas menjadikan utang sebagai solusi pembiayaan utama.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pemilik Showroom Mobil Ditemukan Meninggal Dunia

2. Buka bisnis waralaba makanan, minuman, atau mini market

Daripada harus mendirikan merek sendiri dan bersusah payah memperkenalkannya ke masyarakat, bagaimana dengan membeli waralaba atau waralaba, dan langsung menjalankan bisnisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: