Pengumuman! Hari Ini Pertamina Turunkan Harga BBM, Cek Rincian Harganya

Pengumuman! Hari Ini Pertamina Turunkan Harga BBM, Cek Rincian Harganya

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS- PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk menurunkan harga jual bahan bakar minyak (BBM) non subsidi. Hal tersebut sejalan dengan melemahnya harga minyak mentah dunia saat ini.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan penyesuaian harga akan dilakukan mulai hari ini, Selasa 3 Januari 2023 pukul 14.00 WIB.

BACA JUGA:Pensiun Dini dari PNS, Ini Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Biar Dompet Tetap Terisiu

"Mulai pukul 14.00 harga Pertamax turun dari Rp 13.900 menjadi Rp 12.800. Begitu juga untuk produk seperti Pertamax Turbo, Dexlite akan turun sesuai formula yang ditetapkan Kementerian ESDM,” kata Nicke saat jumpa pers. konferensi di SPBU Pertamina M.T Haryono, Jakarta, Selasa 3 Januari 2023.

Kendati demikian, Nicke menegaskan penyesuaian harga tidak akan dilakukan untuk BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Solar yang saat ini ditanggung pemerintah. Harga Pertalite masih dibanderol Rp 10.000 per liter.

BACA JUGA:Mau Coba Investasi di Reksa Dana Syariah? Intip Kiat Suksesnya di Sini

Nicke beralasan harga keekonomian kedua jenis BBM bersubsidi itu relatif besar, yang belakangan turut menaikkan biaya subsidi dalam APBN selama setahun terakhir.

“Pertalite dan solar memiliki harga tetap karena subsidi yang disalurkan pemerintah sangat besar, padahal kompetitor menjual lebih dari dua kali lipat,” katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan tengah membahas rencana pengumuman harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi seperti Pertamax yang bisa diumumkan setiap pekan.

BACA JUGA:Persiapan Skema Pensiun Dini Massal, Simak Dokumen dan Syarat Pensiun Dini

“Ada persoalan BBM dengan aturan pengumuman yang mengumumkan harga sebulan sekali. Tapi kalau melihat Pertamax, itu tidak masuk kategori subsidi,” kata Erick di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat , Senin, 2 Januari 2023.

Soal Pertamax yang seharusnya dijual dengan harga pasar, Erick menegaskan bahwa BBM jenis tersebut masih disubsidi pemerintah.

“Benar-benar luar biasa bagusnya pemerintah, Pertamax bersubsidi,” ujarnya.

Namun, sebelum diumumkan per minggu, kata Erick, terlebih dahulu harus melalui sejumlah diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: