Silpa Rp20 Miliar, Akan Menjadi Tambahan APBD 2023

Silpa Rp20 Miliar, Akan Menjadi Tambahan APBD 2023

Raflen Suryani, Kabid Akuntansi dan Pelaporan BPKAD Kaur.--(Sumber Foto: Didit/Betv).

KAUR, BETVNEWS - Dari total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 yang lalu sebesar RP820 miliar, sudah terealisasi sebesar Rp766 miliar. Hal ini berdasarkan hasil rekapan dari bidang akuntansi dan pelaporan Badan PEngelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Kaur.

Sementara itu, nilai tersebut masih bersifat sementara mengingat masih ada ganti uang (GU) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Desember 2022 belum terhitung secara rinci.

BACA JUGA:15 Camat di Kaur Dapat Mobnas Baru, Segini Anggaran Digelontorkan Pemkab

Akan tetapi berdasarlkan hitungan sementara yjang tekah dilakukan bahwa besaran ganti uang (GU) tersebut ada diangka RP6,9 miliar. Sehingga diperkirakan akan ada silva 2022 yang akan menutupi defisit APBD 2023.

BACA JUGA:Umat Hindu di Bengkulu Utara Gelar Hari Raya Galungan

Menurut penjelasan Raflen Suryani, Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kaur, dari keseluruhan anggaran yang ada pada 2022 sudah direlisasikan diatas 93 persen.

"Anggaran Kabupaten Kaur di tahun 2022 terealisasi sebesar Rp766 miliar atau dikalkulasikan berksisar 93 persen," ungkapnya, Rabu 4 Januari 2023.

BACA JUGA:Warga Kota Bengkulu Ditipu Jutaan Rupiah, Pelakunya Mengaku Anggota Polisi

Lanjutnya, bahwa sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) yang diperkirakan sekitar Rp27 miliar tersebut kemudian akan dibayarkan dengan GU sekitar Rp6,9 miliar. Sehingga Silpa yang kemungkinan dapat digunakan pada 2023 sebesar Rp20 miliar.

"Kita masih belum membayarkan GU dibeberapa OPD, sehingga ini masih akan kita lakukan perhitungan ulang," tambahnya.

BACA JUGA:Aksi Bandit Ini Resahkan Pedagang Kawasan Alun-Alun Kota Arga Makmur

Baru setelah semuanya selesai dihitung, dan semua sangkutan yang belum diselesaikan terbayar. Akan nampak kepastian Silpa anggaran 2022 yang bisa mendongkrak APBD Kabupaten Kaur.

"Anggaran silpa tersebut akan digunakan Pemerintah Kabupaten Kaur 2023 ini," demikian tutupnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: