Pentingnya Membaca, Memahami dan Mempelajari Al-Qur'an, Simak Keutamaannya di Sini

Pentingnya Membaca, Memahami dan Mempelajari Al-Qur'an, Simak Keutamaannya di Sini

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Bola.com)

BETVNEWS - Dengan membaca, memahami dan mempelajari Al-Qur'an kita akan dapat dengan mudah melakukannya hingga terbiasa.

Dari membaca, memahami dan mempelajari isi dari Al-Qur'an, dapat membuat hidup lebih terarah dan terkontrol.

BACA JUGA:Tanpa Obat, Lakukan Cara Ini di Pagi Hari untuk Menurunkan Gula Darah

Sebagaimana Al-Qur'an telah banyak mendatangkan kebermanfaat yang dirasakan umat muslim, yakni membaca, memahami dan mempelajarinya.

Selain menjaga sholat, membaca AL-Qur’an juga memiliki manfaat yang sangat berpengaruh dalam kehidupan.

BACA JUGA:Ini 4 Toko Kue Jogja Menggugah Selera, Dikenal Rasa Manisnya Bikin Ketagihan, Cek Informasinya di Sini

Sebagaimana kita seorang muslim, Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan keyakinan umat Islam.

Masih banyak dari kita yang belum dapat mengamalkan atau hanya sekadar mempelajari isi dalam Al-Qur’an, beragam alasan menjadi patokan untuk tidak sempat meluangkan waktu membacanya.

BACA JUGA:Penting! Ini Syarat Wajib dan Sahnya Sholat yang Harus Diketahui, Ibadah Wajib Maupun Sunah

Walau benar, tidak sedikit dari kita yang masih belum dapat membaca ayatnya. Bisa jadi, hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa sulit untuk mempelajari bahkan membaca isinya.

Tentu setiap kita punya tujuan yang hendak digapai. Namun, sungguh rugi jika tidak dapat meluangkan waktu mempelajari dan membaca isi Al-Qur’an.

BACA JUGA:Infonya Mulai 12 Januari Tol Bertarif, Ini Penjelasan BM Tol Bengkulu-Taba Penanjung

Dikutip dari berbagai sumber, sudah seharusnya sebagai umat muslim kita dapat mengamalkan, mempelajari, serta memahami isi dalam Al-Qur’an, hal tersebut menjadi poin penting khususnya bagi orang-orang yang beriman kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Jumat Besok Wisata Budaya dan Kuliner Bale Kuto Dibuka

Allah berfirman dalam surah Al-Maidah, yang artinya:

Dan Kami telah turunkan kepadami Al-Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap Kitab-Kitab yang lain; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah dating kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang”. (QS.Al-Maidah ayat 48)

BACA JUGA:Viral Qariah Disawer Saat Membaca Al-Quran, Ketua MUI Buka Suara

Berikut ini keutamaan dalam membaca Al-Qur’an yang dapat kita jadikan bahan referensi:

1. Membaca Al-Qur’an Mendatangkan Kebaikan

BACA JUGA:Infonya Mulai 12 Januari Tol Bertarif, Ini Penjelasan BM Tol Bengkulu-Taba Penanjung

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancer membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Qur’an dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.” (HR. Muslim).

BACA JUGA:Pameran Seni Jurnal Visual ‘Point of View’ Diserbu Pengunjung

2. Membaca Al-Qur’an Mendatangkan Syafa’at

Selain mendatangkan kebaikan Al-Qur’an  juga memiliki syafaat yang dapat  kita rasakan, hal ini menjadikan seseorang dapat lebih termotivasi untuk membacanya.

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: ”Aku telah mendengar Rasululllah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya dia akan dating pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

BACA JUGA:Mengenal Eksibisionis, Gangguan yang Diidap Pemuda Pamer Alat Vital di Bengkulu

Seseorang yang semangat dan giat dalam membaca Al-Qur’an  memiliki motivasi tersendiri yang juga dapat meningkatkan diri menjadi lebih baik.

3. Menjadi obat terbaik saat sakit

BACA JUGA:2.400 Peserta Calon Anggota PPS Akan Ikuti Tes CAT, Bagaimana di Enggano?

Dengan membaca Al-Qur’an  dapat membuat perasaan dan pikiran menjadi lebih tenang. Sebab lantunan ayat yang kita baca mengandung banyak hikmah dan pahala.

Kemudian ada dari hadist yang lain mengatakan tentang manfaat Al-Qur’an yang tentu bisa menjadi obat terbaik saat sakit, yaitu “Obat terbaik adalah Al-Qur’an”.

BACA JUGA:Good Bye! Layanan Windows 7 dan 8 Bakal Dihentikan Pekan Depan

Selain menyelami ayat-ayatnya, akan lebih baik juga kita membaca arti dari ayat tersebut.

Dalam Al-Itqan, Imam Al-Suyuthi memaparkan bahwa adanya dua puluh lima dari keistimewaan yang ada di sebuah kitab suci Al-Qur’an.  Beliau berkata, “Ibnu Majah dari lain-lain meriwayatkan bahwa Ibn Mas’ud berkata, ‘Hendaklah kalian berobat dengan Al-Qur’an dan madu.”  

BACA JUGA:Good Bye! Layanan Windows 7 dan 8 Bakal Dihentikan Pekan Depan

4. Rumah mendapat keberkahan dari Allah SWT

Tempat kita tinggal selama ini, ketika kita selalu membacakan ayat-ayat dari Al-Qur’an tentu selain rumah tersebut mendapatkan kenyaman, dapat juga diberkahi oleh Allah SWT.

Bersama-sama membiasakan diri membaca Al-Qur’an di rumah, entah dilakukan sehabis sholat atau di waktu-waktu luang yang tenang.

BACA JUGA:BPS Catat Presentase Penduduk Miskin di Seluma Turun, Berikut Datanya

Amr bin Al-‘Ash berkata bahwa, “setiap ayat dalam Al-Qur’an merupakan satu tingkatan di surga dan pelita di rumah kalian.”***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: