Percepat Serapan Anggaran, Ini Strategi Pemkab Lebong

Percepat Serapan Anggaran, Ini Strategi Pemkab Lebong

Dodi Irawan, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Lebong.--(Sumber Foto: Dwi/Betv).

LEBONG, BETVNEWS - Untuk mempercepat penyerapan anggaran tahun 2023, saat ini Pemkab Lebong sudah mulai melakukan lelang Pra Dipa.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Lebong, dalam hal percepatan pembangunan dan penyerapan anggaran. Lelang ini membuat sejumlah OPD berkesempatan menayangkan semua proyek sebelum DPA tuntas.

BACA JUGA:Ini Jumlah Pengangguran di Kabupaten/Kota Provinsi Bengkulu, Tertinggi Kota Bengkulu

Disampaikan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Lebong, Dodi Irawan, bahwa keterlambatan proses lelang pada tahun anggaran 2022, membuat Pemerintah Kabupaten Lebong memberlakukan lelang pra-dipa. 

Lelang ini merupakan penayangan lelang paket pekerjaan sebelum dokumen pelaksanaan anggaran tuntas, artinya para peserta sudah bisa melihat paket apa saja yang bisa diikutsertakan.

BACA JUGA:4 Tanda yang Bisa Melukai Diri Sendiri, Hal Ini Harus Dihindari Agar Tetap Bahagia dalam Hidup, Cek di Sini

“Saat ini kita sudah mulai melakukan lelang perencanaan kegiatan proyek fisik ditahun 2023, seperti lelang paket pembangunan jalan dan PTM Muara Aman, dengan mulainya proses lelang pra-dipa beberapa kegiatan ataupun proses tender bisa dilalui lebih cepat di bulan Januari ini,” jelas Dodi.

BACA JUGA:Tumpukan Sampah Menggunung Hiasi Kota Bengkulu, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Bahkan, untuk lelang pekerjaan jasa seperti tenaga outsourcing, kebersihan kantor saat ini sudah dilelang sehingga dan bisa dikontrak awal januari.

Selain itu, percepatan lelang ini dilakukan sebagai langkah antisipasi lelang perencanaan dan fisik yang hampir bersamaan.

BACA JUGA:Elite Parpol Parlemen Kecuali PDIP, Berikan Pernyataan Sikap Tolak Pemilu Coblos Gambar Partai

Untuk itu, kepada seluruh OPD yang memiliki kegiatan untuk bisa segera melakukan pelimpahan ke UPBJ sekretariat Pemkab Lebong agar bisa segera di proses. 

“Kita harapkan hal ini bisa berjalan dengan baik tanpa ada halangan, sehingga penyerapan anggaran di akhir tahun nanti bisa maksimal,” kata Dodi.

BACA JUGA: Kuota Jamaah Haji 2023 Bengkulu Akan Kembali Normal, Berikut Sebarannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: