Program ‘Jaksa Menjawab’, Dekatkan Jaksa Sebagai Sahabat Masyarakat

Program ‘Jaksa Menjawab’, Dekatkan Jaksa Sebagai Sahabat Masyarakat

Kejaksaan Tinggi Bengkulu menghadirkan program ‘Jaksa Menjawab’. Melalui program ini, jaksa hadir langsung menyelesaikan persoalan hukum di tengah masyarakat. --(Sumber Foto: Tim Liputan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kejaksaan Tinggi Bengkulu menghadirkan program ‘Jaksa Menjawab’. Melalui program ini, jaksa hadir langsung menyelesaikan persoalan hukum di tengah masyarakat.

Bertempat di Pasar Panorama Kota Bengkulu, Kejaksaan Tinggi Bengkulu mulai memperkenalkan program ini, pada Rabu 11 Januari 2023.

BACA JUGA:Kejari Tetapkan Tersangka Korupsi DD Talang Pito, Ini Oknumnya

Dan benar saja, masyarakat sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada jaksa yang hadir pada kegiatan tersebut.

Masyarakat mengantri untuk memberikan pertanyaan dan mendapatkan jawabannya langsung dari jaksa. Masyarakat sangat terbantu dengan adanya Program ‘Jaksa Menjawab’ yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Tinggi Bengkulu karena mendapatkan jawaban yang sedang dihadapi masyarakat.

BACA JUGA:Mobil Bak Terbuka Terguling di Seluma, Begini Kondisi Korban

BACA JUGA:Terduga Pelaku Pembunuhan di Kebun Tebeng Diringkus, Berikut Penjelasan Lengkap Polisi

Asisten Intelejen Kejaksaan Tinggi Bengkulu, M. Judhy Ismono, S.H., M.H, dalam keterangan rilisnya menyebut Kejaksaan Tinggi Bengkulu berkomitmen bahwa jaksa harus mampu menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat. Terutama mengenai persoalan hukum.

Serta, Jaksa hadir memberikan edukasi atau pengetahuan hukum yang hidup di tengah masyarakat. Selanjutnya, dengan adanya program tersebut bisa menekan persoalan yang muncul di tengah masyarakat.

BACA JUGA:SMPN Sindang Jati Dibobol, Ini Sejumlah Barang Diembat Maling, Nilainya Capai Rp78 Juta

BACA JUGA:RSUD Kaur Ambil Alih Pengelolaan Parkir, Ternyata Ini Penyebabnya

“Dengan adanya program tersebut bisa menekan persoalan yang muncul di tengah masyarakat. Dengan begitu, jaksa secara tidak langsung turut menjaga kondusivitas dan kemajuan daerah. Jaksa dekat dengan masyarakat, solusi persoalan hukum itu bisa terpecahkan,” ujarnya (Rabu 11 Januari 2023).

Disisi lain, Jaksa Agung ST Burhanuddin juga menjelaskan bahwa pada 2023 ini, harus ada konsep khusus yang lebih humanis yakni Jaksa harus hadir di tengah masyarakat dan menjawab berbagai persoalan hukum yang ada di ditengah masyarakat.

BACA JUGA:61 Orang Calon Anggota PPS Gugur, Ternyata Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Pasca Liburan Sepeda Motor Butuh Perhatian, Yuk Service di AHASS

Begitu banyak laporan dan pengaduan dari masyarakat ke Kejaksaan mulai dari Kejaksaan Negeri hingga Kejaksaan Agung menunjukkan kepercayaan publik terhadap lembaga Kejaksaan sangat tinggi.

Tangan dingin Jaksa Agung ST Burhanuddin dengan menempatkan Jaksa Humanis dan Modern sebagai slogan yang diusung, tidak berhenti di program keadilan restoratif (restorative justice). Pada Rabu 4 Januari 2023 bertempat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Jaksa Agung mengeluarkan Instruksi Jaksa Agung RI Nomor 13 Tahun 2022 mengenai program “Jaksa Menjawab” yang dikenal dengan jargonnya “Om Jak (Obrolan Menarik, Jaksa Menjawab)”.

BACA JUGA:Desa Suro Muncar Gelar Musyawarah, Ini Pembahasannya

BACA JUGA:Beredar Isu Mutasi di Mukomuko, Ini Penyampaian Kepala BKPSDM

Adapun program ini akan dilaksanakan minimal seminggu sekali dengan maksud Jaksa diharapkan jangan hanya sibuk dengan persidangan dan sekolah, tetapi juga wajib mengakomodir kepentingan dan permasalahan masyarakat. 

(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: