Penting! Ini Pertolongan Pertama pada Anak Tersedak, Perlu Orang Tua Tahu

Penting! Ini Pertolongan Pertama pada Anak Tersedak, Perlu Orang Tua Tahu

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Shutterstock)

BETVNEWS - Saat anak tersedak ada pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan dan penting untuk diketahui oleh orang tua.

Perlu diketahui bahwa ada tanda-tanda saat anak tersedak. Ketika tidak sengaja dengan tiba-tiba anak tersedak, ia akan berupaya untuk dapat mengeluarkan benda asing dari mulutnya tersebut.

Dikutip dari laman alodokter.com, hal ini juga terjadi secara tiba-tiba lalu ia menjadi sulit bernapas, wajahnya pun terlihat memerah, dan bibirnya kebiruan.

BACA JUGA:Begini Tanggapan Masyarakat Bengkulu dalam Penggunaan Aplikasi MyPertamina

Anak bisa saja mengalami yang namanya penurunan kesadaran karena sulitnya bernapas dan kekurangan oksigen, di tahap selanjutnya.

Seorang anak yang terlihat tersedak dari benda tersangkut pada tenggorokan tak terlihat, usahakanlah agar tidak memaksa menarik atau mendorong benda itu. Ini dilakukan untuk mencegah benda semakin masuk ke dalam tenggorokan.

BACA JUGA:Resep Menu Makan Malam Enak dan Nikmat, Sederhana ala Rumahan

Berbeda juga dengan pertolongan pertama antara anak dan bayi. Panduan ini memberikan pertolongan saat anak dan bayi tersedak, yakni:

- Bayi dengan usia di bawah 1 tahun

Penanganan pertama untuk bayi yang tersedak bisa dilakukan dengan cara melakukan tepukan di punggung (back blows) dan dapat juga dengan tekanan pada dada (chest thrusts), langkahnya sebagai berikut:

BACA JUGA:Program Ketahanan Pangan, Desa Pulo Geto Baru Budidaya Ikan Lele dan Nila

1. Bayi dalam posisi tengkurap di lengan lalu ditopang dengan paha. Serta pastikan bahwa posisi bagian kepala lebih rendah dibanding dengan badannya.

2. Topanglah kepala dan rahang bayi menggunakan jari-jari tanganmu. Setelah itu, tepuklah punggungnya dengan lembut antara tulang belikat (5 kali) menggunakan tanganmu yang lain. Untuk itu tindakan ini disebut back blows.

BACA JUGA:Tertibkan Balap Liar dan Knalpot Brong, Satlantas Minta Dukungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: