Pendaftar Calon Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Capai 177 Orang

Pendaftar Calon Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Capai 177 Orang

Sekretariat penerimaan pendaftaran calon Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Senin 13 Februari 2023.--(Sumber Foto: Abdu/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Sejak dibuka empat hari yang lalu, pendaftaran calon komisioner KPU Provinsi Bengkulu periode 2023 - 2028, sampai sejauh ini sudah mencapai 177 orang lebih.

Ketua tim seleksi calon anggota komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Firnandes Maurisya mengatakan, ratusan pendaftar ini tercatat telah mendaftarkan di aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA).  

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Kelengkeng Baik bagi Kesehatan, Secukupnya dan Tidak Berlebihan

"Sejauh ini yang sudah mendaftar dan punya akun di SIAKBA ada 177 orang, untuk jumlah clear pendaftarnya kita menunggu kelengkapan berkasnya yang diupload," ungkap Firnandes, Senin 13 Februari 2023.

Firnandes menjelaskan, dari ratusan peserta tersebut, beberapa diantaranya merupakan komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten atau Kota serta lembaga serta institusi lainnya. 

BACA JUGA:Waspadai Musim Badai, DLH Lakukan Upaya Pemangkasan Pohon

Selanjutnya, usai mendaftar ada beberapa dokumen persyaratan, yang harus dipenuhi para peserta. Seperti surat pendaftaran yang ditandatangani di atas bermaterai, Fotokopi E-KTP, Daftar riwayat hidup yang dibuat (berkas terlampir dalam PKPU). Legalisir Fotokopi ijazah pendidikan terakhir. 

Kemudian surat keterangan dari Pengadilan Negeri di wilayah hukum sesuai dengan domisili yang menerangkan bahwa tidak pernah dipidana penjara.

BACA JUGA:Agar Tidak Mudah Sakit, Simak 6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Buruk

Hal ini berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih. Dan beberapa persyaratan lainnya yang termuat dalam aplikasi SIAKBA. 

"Kalau untuk peserta sampai saat ini belum ada yang menyerahkan berkas ke sekretariat, diperkirakan mereka mengantarkan berkas itu berkisar Rabu atau Kamis, karena kemungkinan masih melengkapi syarat-syarat tersebut," terang Firnandes. 

BACA JUGA:Bulog Buka Pojok Pangan, Jual Sembako Murah

Setelah melakukan pendaftaran online, kemudian peserta menyampaikan berkas fisik ke sekretariat Timsel anggota KPU Provinsi Bengkulu, di Gedung GTC, Jalan Seruni Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu.

BACA JUGA:32 Batang Ganja Diamankan Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: