Mundur Hingga 3 Kali, Penetapan APBDes di Kabupaten Ini Belum Kunjung Rampung

Mundur Hingga 3 Kali, Penetapan APBDes di Kabupaten Ini Belum Kunjung Rampung

Haryanto, Kepala Dinas PMD Kabupaten Mukomuko saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 13 Februari 2023.--(Sumber Foto: Jemiand/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Meskipun sudah dilakukan pengunduran hingga tiga kali, untuk melakukan penetapan APBDes, namun hingga saat ini masih ada Desa di Kabupaten Mukomuko yang belum melakukan penetapan APBDes 2023.

Berdasarkan data yang diterima Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), bahwa sampai saat ini masih ada 30 Desa yang belum sama sekali menetapkan APBDes, padahal seharusnya wajib ditetapkan sejak Desember 2022 lalu.

BACA JUGA:Jadi Tersangka, Usai Digrebek Mesum di Gubuk Sawah

Lantaran belum selesai pada Desember 2022, kemudian diundur hingga 15 Januari 2023, selanjutnya kembali dilakukan pengunduran hingga 31 Januari, hingga sampai saat ini masih terdapat puluhan Desa belum juga tetapkan APBDes.

BACA JUGA:Pendaftar Calon Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Capai 177 Orang

Disampaikannya Haryanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, bahwa pihaknya terus melakukan upaya dalam mempercepat pihak desa untuk melakukan penetapan APBDes. 

BACA JUGA:Anaknya Dituduh Lakukan Asusila, Orang tua Tidak Terima

”Kita berharap Desa yang belum melakukan penetapan APBDes, agar segera melaksanakannya karena bila terus molor, dikhawatirkan nantinya akan berdampak pada pencairan dan serapan dana desa itu sendiri,” jelas Kadis, Senin 13 Februari 2023.

Karena memang saat ini telah memasuki Februari, maka seluruh Desa telah diminta agar tidak menunda lagi proses penetapan APBDes, sehingga jika memang belum juga dilaksanakan, kemungkinan besar akan berpengaruh pada penyerapan Dana Desa.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: