5 Efek Konsumsi Garam Berlebihan, Jarang Diketahui Ini Akibatnya

5 Efek Konsumsi Garam Berlebihan, Jarang Diketahui Ini Akibatnya

BETVNEWS - Jika kamu menyukai makanan yang sedikit asin, gunakan garam secukupnya, jangan terlalu berlebihan dalam menambahkan garam ke dalam makanan karena tidak baik bagi kesehatan.

BACA JUGA:Hermansyah Siregar Resmi Jabat Kakanwil Kemenkumham Bengkulu

Dilain sisi garam dapur memiliki dua unsur penting bagi tubuh, yaitu natrium (sodium) dan klorida. Natrium  bermanfaat untuk menjaga fungsi tubuh dan keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu kerja saraf dan otot, serta mengendalikan tekanan dan volume darah. 

BACA JUGA:Pelayanan Elektroencephalography (EEG) di RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu

Sedangkan klorida, berfungsi membantu tubuh dalam mencerna makanan yang dikonsumsi. Sebagai bumbu makanan, garam banyak disukai oleh kebanyakan orang. 

Bahkan, beberapa orang ada yang sangat menyukai makanan asin, sehingga cenderung menambah garam dalam jumlah banyak. 

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Anak Sedang Mengalami Stres

Sebenarnya, mengapa kebanyakan orang menyukai garam? Sebuah penelitian menemukan bahwa otak merespons zat sodium dalam garam sama seperti zat nikotin, sehingga dapat menimbulkan efek kecanduan.

Namun, kamu dianjurkan untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya. Pasalnya, unsur garam kaya akan manfaat yang disebutkan sebelumnya, justru dapat membahayakan tubuh bila dikonsumsi terlalu banyak.

Berikut ini efek terlalu banyak mengonsumsi garam seperti yang dilansir dari laman halodoc.com, yakni:

BACA JUGA:Bikin Awet Muda, 5 Sayuran Ini Punya Manfaat Baik untuk Kesehatan Kulit!

1. Risiko penyakit jantung meningkat

Mengonsumsi garam secara berlebihan sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi tersebut tentu saja merupakan salah satu risiko penyakit jantung. 

Bagi beberapa orang yang sensitif terhadap sodium, mengkonsumsi sodium dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan penahanan cairan (edema) dan tekanan darahnya meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: