Kades Diminta Gunakan DD untuk Mendukung Program MT 2

Kades Diminta Gunakan DD untuk Mendukung Program MT 2

Pemkab Lebong telah mengumpulkan seluruh Kepala Desa, hal ini berkaitan dengan penggunaan dana ketahanan pangan pada dana desa tahun 2023. --(Sumber Foto: Dwi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS  - Berdasarkan aturan penggunaan Dana Desa tahun 2023, ada alokasi dana sebesar 20 persen untuk ketahanan pangan. Dana ini diminta Pemkab Lebong untuk mendukung program MT 2 yang terus digencarkan oleh para petani di Kabupaten Lebong. 

BACA JUGA:Warga Semelako 3 Ditemukan Meninggal, Diduga Jatuh ke Jurang

 

Bahkan saat ini Pemkab Lebong telah mengumpulkan seluruh Kepala Desa, hal ini berkaitan dengan penggunaan dana ketahanan pangan pada dana desa tahun 2023. 

BACA JUGA:Soal Aset, Pemkab Lebong-BPDAS Belum Ada Kata Sepakat

 

Berdasarkan ketentuan penggunaan Dana Desa tahun 2023, ada alokasi dana sebesar 20 persen untuk ketahanan pangan. 

BACA JUGA:Miliaran Aset Lebong di Wilayah Bengkulu Utara Terbengkalai

 

Dana ini diharapkan bisa digunakan oleh para kades untuk membeli segala kebutuhan petani dalam menjalankan program MT2, mulai dari pembelian pupuk,pembangunan irigasi persawahan dan pengolahan lahan. 

BACA JUGA:Soal Isu Ongkos Haji 2023 Naik, Ini Penjelasan Kemenag

 

Wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurrozi, MPd mengklaim berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Lebong dalam mensukseskan Musim Tanam ke 2 MT2) tahun ini termasuk dengan membeli Handtractor senilai Rp2,5 Miliar. 

BACA JUGA:Usut Tuntas Kasus Pelecehan Anak, Polisi Lakukan Olah TKP

 

“Untuk program MT 2 ini kita akan mulai pada bulan April 2023 nanti, saat ini Dinas Pertanian Kabupaten Lebong mulai melakukan pendataan areal persawahan yang akan mengikuti MT2. Kita berharap seluruh Desa yang ada di Lebong untuk mendukung program etrsebut degan mengalokasikan dana ketahanan pangan untuk mendukung program MT2 ini,” jelas Wakil Bupati Lebong. 

BACA JUGA:Problem Solving Kepolisian, Kasus Pencurian Berakhir Perdamaian

 

Sementara itu, Pemkab Lebong juga akan focus pada pelaksanaan MT2 ini, bahkan Pemkab akan memberikan dukungan kepada Desa yang melaksanakan MT 2 dengan berbagai bantuan dari Pemerintah seperti biit, racun hingga peminjaman handtraktor. 

BACA JUGA:Sempat Tertunda Akibat Restu Kemendagri, Mungkinkah Pilkades Lebong Dilaksanakan Tahun Ini?

 

“Tentunya Pemkab Lebong akan terus memberikan bantuan kepada Desa yang melaksanakan MT2, sama seperti tahun sebelumnya bantuan mulai dari bibit, racun, hingga pinjam pakai handtraktor. Kita berharap hamparan lahan sawah yang ikut MT2 ditahun 2023 ini bisa bertambah,” harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: