Penggunaan Chat GPT OpenAI di Kalangan Mahasiswa: Keuntungan dan Risiko

Penggunaan Chat GPT OpenAI di Kalangan Mahasiswa: Keuntungan dan Risiko

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: Leo Ferda Dinata)

2. Tidak Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Meskipun Chat GPT OpenAI dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan bahasa, tetapi penggunaannya yang berlebihan dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa untuk menghasilkan teks yang orisinal dan berkualitas.

Ini dapat merugikan mahasiswa dalam jangka panjang, karena kemampuan untuk menghasilkan teks yang berkualitas adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan akademik dan profesional.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Bau Badan Agar Selalu Tampil Percaya Diri

3. Ketergantungan terhadap Teknologi

Penggunaan Chat GPT OpenAI yang berlebihan dapat juga menyebabkan ketergantungan terhadap teknologi. Ini dapat menghambat perkembangan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah secara mandiri dan berpikir kritis.

Ini juga dapat menyebabkan mahasiswa kehilangan keterampilan untuk berkomunikasi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:ASN Digrebek Suami di Hotel, Sekda: Pasti Diberi Sanksi

Dalam kesimpulan, penggunaan Chat GPT OpenAI di kalangan mahasiswa memiliki keuntungan dan risiko yang perlu dipertimbangkan. Keuntungan penggunaan Chat GPT OpenAI adalah membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik yang kompleks dan sebagai sarana belajar mandiri.

Namun, risiko penggunaan Chat GPT OpenAI adalah kemungkinan terjadinya plagiarisme dan menurunkan keterampilan menulis dan berpikir kritis. Oleh karena itu, mahasiswa perlu bijak dalam menggunakan teknologi ini, dengan memastikan bahwa karya akademik yang dihasilkan adalah orisinal dan bukan plagiat serta menggunakan Chat GPT OpenAI sebagai sarana belajar mandiri, bukan sebagai pengganti proses pembelajaran di kelas. (*)

 

Penulis : Leo Ferda Dinata (D1C021017) Universitas Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: