Hari Ginjal Sedunia, Gubernur: Pemda Optimalkan Layanan Hemodialisis

Hari Ginjal Sedunia, Gubernur: Pemda Optimalkan Layanan Hemodialisis

Hari Ginjal Sedunia, Gubernur minta Pemda Kabupaten dan Kota, optimalkan layanan Hemodialisis atau cuci darah.--(Sumber Foto: MC Pemprov Bengkulu)

BENGKULU, BETVNEWS - Optimalisasi layanan bagi semua pasien penderita gagal ginjal di Provinsi Bengkulu, kini tersedia di RSUD M Yunus Bengkulu.

BACA JUGA:Lomba Regu Pramuka Penggalang IV Dibuka, Ini Pesan Gubernur

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah meresmikan penggunaan gedung baru Instalasi Hemodialisis, sejak Selasa 7 Maret 2023 lalu, oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. 

BACA JUGA:Ketua OSIS Berprestasi Akan Dapat Beasiswa dari Gubernur

Sejalan dengan hal itu, pada Peringatan Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day), Gubernur Rohidin mengimbau Pemda kabupaten/kota menyiapkan sarana prasarana dan fasilitas serupa.

Sehingga pelayanan cuci darah semakin dekat dengan masyarakat dan pasien. 

BACA JUGA:Muswil Muhammadiyah ke-10, Momentum Evaluasi Program Agar Lebih Produktif

"Selamat Hari Ginjal Sedunia, kita semua paham bahwa ginjal merupakan organ yang sangat vital. Kita telah menyiapkan lebih dari 50 alat untuk penanganan cuci darah, jadi ini menurut saya sudah sangat representatif," jelasnya.

BACA JUGA:Resmikan Gedung Dakwah Aisyiyah, Rohidin Mersyah: Perkuat Organisasi Aisyiyah di Bengkulu

Lebih dari itu tindakan preventif dan promotif tetap harus dilakukan, agar masyarakat sejak dini sudah bisa menjaga ginjalnya supaya tetap sehat. Melalui pola makan dan pola hidup. 

BACA JUGA:Pengurus IDI Cabang Seluma 2022-2025 Resmi Dilantik

"Jadi kalau sudah ginjalnya rusak bahkan sudah tidak berfungsi, memang penanganannya cuci darah. Tapi sangat disayangkan jika itu terjadi, karena cuci darah itu butuh biaya yang cukup besar," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Ikatan Perawat Dialisis Indonesia (IPDI) Bengkulu M. Arrayan mengatakan, peringatan ini bertajuk ‘Kesehatan Ginjal Untuk Semua, Mempersiapkan Yang Tak Terduga, Mendukung Yang Rentan'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: