Kontribusi Desa Sejahtera Astra, Tingkatkan Ekonomi dan Serap Tenaga Kerja Baru

Kontribusi Desa Sejahtera Astra, Tingkatkan Ekonomi dan Serap Tenaga Kerja Baru

Direktur Astra Gita Tiffani Boer (tengah) bersama Tokoh Penggerak DSA Gilangharjo Rizki Juniyanto (kedua kanan) dan komunitas pembatik lainnya saat mengunjungi DSA Gilanghirajo pada (10/3).--(Sumber Foto: ASTRA)

BACA JUGA:iCIO Award 2023, CEO FIFGROUP Raih The Most Inspiring CEO

DSA Mangunan memiliki potensi dalam melestarikan hutan pinus dan kebun buah mangunan atau yang dikenal dengan ‘negeri di atas awan’.  Sebanyak 1.500 wisatawan dari berbagai kota maupun negeri berdatangan untuk menyaksikan panorama matahari terbit di sini setiap minggunya.

Dengan Rp10.000 biaya masuk per kunjungan, masyarakat sekitar bisa menghasilkan Rp60 juta per bulannya.

DSA Mangunan juga memiliki desa wisata kaki langit, tempat belajar pembuatan kerajinan bubut kayu untuk diperdagangkan, dan pembelajaran dan pembuatan minuman tradisional.

Sedangkan DSA Gilangharjo yang berlokasi di bawah kaki Gunung Cilik, Kaliurup, memiliki komunitas pembatik cilik, yang dibina oleh Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Bidang Kewirausahaan Anjani Sekar Arum , untuk anak-anak dengan suasana yang ramah dan nyaman. 

Hingga saat ini, kedua desa tersebut telah melibatkan sebanyak 180 warga dalam pengembangan desa, membuka lapangan kerja untuk 60 orang dan meningkatan pendapatan warga sebesar 20%.

Program Desa Sejahtera Astra berjalan dengan baik di Jawa Tengah. Ada 128 desa yang telah dibina dengan total penerima manfaat sebanyak 19.865 orang.

Astra telah membina 1.060 DSA dengan jumlah masyarakat yangterpapar DSA sebanyak 134.998 orang di seluruh Indonesia, menciptakan tenaga kerja baru untuk 20.370 orang, dan meningkatkan pendapatan rata-rata masyarakat sebesar 89% di seluruh Indonesia. 

Ada empat klaster produk yang dihasilkan, yakni klaster kopi, klaster agrikultur, olahan dan komoditas, klaster kelautan dan perikanan tangkap, serta klaster wisata, kreatif, budaya.

Kontribusi Astra sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia melalui pengembangan potensi alam DSA, untuk hari ini dan masa depan Indonesia. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: