Bisa Berpahala, Ini Loh 8 Keutamaan Menikahi Janda Menurut Islam

Bisa Berpahala, Ini Loh 8 Keutamaan Menikahi Janda Menurut Islam

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Janda merupakan wanita yang ditinggalkan atau diceraikan oleh suaminya. Dalam Islam, ada beberapa keutamaan menikahi janda.

Meskipun begitu, tidak semua janda masuk dalam kategori tersebut.

Janda yang dimaksud memiliki keutamaan untuk dinikahi adalah janda yang kesulitan mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya.

BACA JUGA:2 CJH Batal Berangkat, Selain Meninggal Dunia Ternyata Ini Penyebabnya

Jadi, apabila janda tersebut memiliki harta yang melimpah atau termasuk dalam kategori orang kaya, berarti dia bukan salah satu dari kategori utama untuk dinikahi.

Berikut 8 keutamaan menikahi janda dalam Islam yang dirangkum dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Mengenal Al Jassasah, Makhluk Misterius Pengawal Dajjal

1. Menikahi janda karena meneladani Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW menikah dengan janda Sayyidah Khodijah binti Khuwailid. Nabi ingin menunjukkan bahwa manusia tidak boleh dibedakan menurut status sosialnya, seperti miskin-kaya, bangsawan-bangsawan, janda-perawan dan sebagainya.

Dengan menikahi janda Sayyidah Khadijah, Nabi Muhammad ingin memuliakan wanita. Selain Sayyidah Khadijah, Rasulullah SAW juga menikahi sejumlah janda dengan niat memuliakan wanita.

Jika menikah dengan janda untuk meneladani Nabi Muhammad SAW, maka insyaallah menikah dengan janda adalah hal yang baik bagi kita umat Islam.

BACA JUGA:Siang Bolong Pria Masuk ke Kamar Kos Mahasiswi, Ternyata Ini yang Diincar

2. Memuliakan anak yatim

Anak yatim piatu yang ditelantarkan ayahnya karena meninggal adalah kategori yang perlu kita bantu. Artinya, kewajiban pertama adalah mengawini ibu yang telah menjanda terlebih dahulu, agar dapat menggantikan posisi suaminya untuk menghidupi keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: