Waspada! Penyakit TBC Serang Warga Benteng, Ini Tindakan Dinkes

Waspada! Penyakit TBC Serang Warga Benteng, Ini Tindakan Dinkes

-Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Tengah, Gusti Miniarti canangkan gerakan serentak melalui investigasi kontak cegah TBC-(Sumber Foto:Ronal/BETV)

BENGKULU – BETVNEWS - Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah mengklaim telah menemukan sebanyak 33 orang yang dinyatakan positif menderita penyakit tubercolosis (TBC). Data ini merupakan hasil pengecekan terhadap masyarakat yang diduga terjangkit penyakit TBC sejak bulan Januari hingga Mei 2023.

 

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Tengah, Gusti Miniarti menjelaskan pada tahun 2022 lalu, tercatat sebanyak 141 orang positif terkena TBC, dan di awal tahun ini kembali ditemukan warga baru pengidap TBC.

Menindaklanjuti penambahan kasus TBC, tim medis di 20 Puskesmas bakal menjadwalkan kegiatan gerakan serentak (Gertak) melalui investigasi kontak (IK).

“Kegiatan gertak ini memfokuskan penelusuran terhadap penyebaran penyakit TBC paru,” jelas Gusti

Selain itu, pelaksanaan investigasi kontak hampir sama dengan apa yang sudah dilakukan di tahun 2022 lalu, yakni melibatkan tim dari seluruh Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan, dengan melakukan pendataan ke 300 warga yang diduga memiliki komtak langsung dengan warga positif TBC.  Penanganan ini bisa dilakukan secara cepat, sehingga penyakit TBC tidak menular ke warga lainnya.

"Dijadwalkan investigasi kontak dilaksanakan pada bulan Mei 2023 ini, lebih cepat sehingga dapat menekan jumlah kasus TBC," Pungkas Gusti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: