Pagelaran Wayang Semalam Suntuk, Suharto: Pelestarian Budaya Merupakan Amanat Undang-undang

Pagelaran Wayang Semalam Suntuk, Suharto: Pelestarian Budaya Merupakan Amanat Undang-undang

Tamu Undangan beserta masyarakat yang menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk, Sabtu 20 Mei 2023.--(Sumber Foto: Abdu/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023, Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu, mengadakan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu, Sabtu 20 Mei 2023.

Adapun lakon yang yang akan dipentaskan adalah "Gatot Kaca Mbangun Gapuro Kencono", yang menggambarkan kebijakan Pemerintahan dalam hal ini atas wewenang Kepala Daerah , menjalankan sistem birokrasi dan pembangunan di Provinsi Bengkulu saat ini.

BACA JUGA:Hangat Dingin! Ini 4 Resep Minuman Cokelat Enak dan Nikmat, Bikin Mood Booster Balik Lagi

Dalam penyampaiannya, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu, Suharto mengatakan, pelaksanaan gelaran wayang kulit semalam suntuk ini merupakan amanat undang-undang dalam melestarikan budaya daerah

BACA JUGA:Susah Tidur? Ini 5 Tips Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari, Bebas Insomnia!

Suharto juga menegaskan bahwasanya wayang kulit bukan hanya dikhususkan untuk orang Jawa, namun untuk seluruh lapisan masyarakat sebagai salah satu upaya melestarikan warisan budaya Indonesia

"Wayang ini dilaksanakan bukan hanya khusus untuk masyarakat Jawa saja. Selanjutnya saya meminta agar kedepan Dinas dapat mengundang seluruh Kepala Sekolah, agar tahu bahwa pertunjukan ini adalah warisan dunia," ungkap Suharto.

BACA JUGA:Kembali Dibuka! Peserta Kartu Prakerja Punya Peluang Ini, Gabung Gelombang 53 Cair hingga Rp4.200.000

Lanjutnya, Ia minta agar budaya Wayang kulit dapat dikolaborasikan dengan seni budaya daerah seperti pertunjukan dol dan tari handai maupun seni lainnya agar tidak berkesan terkotak-kotak.

Sementara itu, mewakili Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Saidirman mengatakan, budaya Wayang kulit ini sudah tidak asing lagi di Provinsi Bengkulu, mengingat cukup banyaknya masyarakat Jawa yang ada di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Bansos BPNT Tahap 3 2023 Kapan Cair? Cek Segera Penerima BLT hingga Rp2.400.000, Terdaftar DTKS Kemensos

Selanjutnya, sebagai bentuk evaluasi agar pagelaran seperti ini dan lainnya dapat lebih baik lagi, selaku OPD yang diberikan kewenangan untuk menyelenggarakan, pihaknya akan berupaya melakukan perbaikan demi suksesnya kegiatan selanjutnya dan dapat dinikmati seluruh masyarakat khususnya di Provinsi Bengkulu. 

"Sesuai penyampaian pak Waka tadi, tentu kami selaku OPD yang diberikan kepercayaan atau kewenangan atas kegiatan ini, akan berupaya melakukan perbaikan," ungkap Saidirman. 

BACA JUGA:Ini Rincian Bansos PKH Mei 2023, Cair hingga Rp3.000.000, Cek Segera Penerimanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: