Lakukan Survei Secara Berkala, RSKJ Soeprapto Ukur Tingkat Kepuasan Pelayanan Terhadap Pasien

Lakukan Survei Secara Berkala, RSKJ Soeprapto Ukur Tingkat Kepuasan Pelayanan Terhadap Pasien

Guna mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan di Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Provinsi Bengkulu, pihak rumah sakit rutin melaksanakan survei kepuasan masyarakat. Adapun landasan Hukum yang digunakan adalah Peraturan--(Sumber Foto: ROBI/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Guna mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan di Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Provinsi Bengkulu, pihak rumah sakit rutin melaksanakan survei kepuasan masyarakat. Adapun landasan Hukum yang digunakan adalah Peraturan Menteri (Permen) Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan kesehatan.

Menggunakan metode  table sample Morgan dan Krejcie, terutama untuk pelayanan yang bersifat langsung. Tekhnik pengambilan sampel di poli rawat jalan dilakukan secara acak, setiap keluarga pasien yang ditemui hari itu maka dijadikan sampel (Probability Sampling) Yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. 

Kegiatan survei tersebut rutin dilakukan oleh RSKJ per 3 bulan, atau 4 kali dalam satu tahun, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 360 sampel, dari ribuan pengunjung yang ada di RSKJ Soeprapto Bengkulu.

"Sampel yang diambil adalah pasien atau pengunjung Poli Rawat Jalan yang ditemui pada saat survei," ungkap PJU Humas dan Informasi RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu, Iswanti S.KM kepada BETVNEWS, Senin, 26 Juni 2023.

Sasaran yang ingin dicapai dari survei tersebut yaitu:

1. Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan.

2. Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

3. Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan.

4. Mengukur kecenderungan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di poli rawat jalan.

BACA JUGA:Mengenal Layanan Kelas Sahabat Anak RSKJ Soeprapto Bengkulu, Terapi Mandiri ABK di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: