Kabar Baik Juli 2023! TPG Triwulan 1 dan 2 di Wilayah Ini Sudah Cair, Cek Segera

Kabar Baik Juli 2023! TPG Triwulan 1 dan 2 di Wilayah Ini Sudah Cair, Cek Segera

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: Ist)

BETVNEWS - Kabar Baik Juli 2023! TPG Triwulan 1 dan 2 di Wilayah Ini Sudah Cair, Cek Segera 

Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan1 dan 2 Tahun 2023 di sejumlah daerah yang berada di bawah naungan Kemendikbud dan Kemenag telah cair.

BACA JUGA:CEK REKENING! Sertifikasi dan THR 50 Persen Guru Cair

TPG atau Tunjangan Profesi Guru adalah tunjangan khusus yang yang diberikan oleh Pemerintah kepada guru dan dosen yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya.

BACA JUGA:Kabar Baik Juni 2023! Kemdikbud Minta Pemerintah Daerah Tambah Usulan PPPK Guru 2023

TPG menjadi salah satu komponen untuk mensejahterahkan para guru. Berdasarkan pasal 4 PP no. 41 Tahun 2009, guru PNS bersertifikat menerima TPG sebesar satu kali gaji pokok.

BACA JUGA:Hore.. Sertifikasi dan THR 50 Persen Guru Cair

Bagi non-ASN bersertifikat, dalam Permendiknas 72 Tahun 2008 pasal 2, guru yang belum memiliki fungsional akan mendapat tunjangan profesi guru sebesar Rp 1,5 juta.

BACA JUGA:Kabar Baik! TPG Triwulan 2 Tahun 2023 di Wilayah Ini Sudah Cair, Cek Segera

Pemerintah menyediakan TPG per bulan. Tapi pencairan TPG dilakukan setiap 3 bulan sekali. Sehingga guru akan menerima TPG sebanyak 3 kali gaji pokok atau sekita Rp6 juta sekali menerima.

Untuk skema pemberian TPG kepada guru sertifikasi, akan dibagikan satu kali gaji pokok sesuai aturan Pasal 11 PP Nomor 41 Tahun 2009. 

Seperti yang diketahui, pencairan TPG triwulan 1 biasanya dilakukan pada bulan Maret. Sedangkan untuk tunjangan profesi guru triwulan 2, pencairan dijadwalkan pada bulan Juni.

BACA JUGA:Pencarian Sertifikasi TPG Triwulan III Terhambat, Ini Penyebabnya....

Tunjangan profesi guru yang dicairkan setiap triwulan ini berlaku khusus bagi para guru di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: