4 PTN dengan Biaya Kuliah Paling Murah di Indonesia, Dimana Saja?

4 PTN dengan Biaya Kuliah Paling Murah di Indonesia, Dimana Saja?

Gambar hanya ilustrasi. --(Sumber Foto: Doc/BETV)

Sedangkan biaya paling tinggi berlaku untuk UKT VII, khusus untuk jurusan fakultas teknik yang bisa mencapai Rp6,3 juta. Namun, UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA) akan dikenakan bagi mahasiswa S1 UNY yang diterima melalui jalur Seleksi Mandiri (SM).

BACA JUGA:Auto Girang! Guru Non Sertifikasi Dapat Tunjangan, Cek Syarat dan Jadwalnya, Apakah Sudah Cair?

2. Universitas Trunojoyo

Universitas Trunojoyo menjadi PTN kedua dengan biaya paling murah. Universitas ini memiliki tujuh fakultas dengan kelompok UKT yang sama. 

UKT di Universitas Trunojoyo dibagi menjadi enam kelompok dengan kelompok terendah Rp 500.000, sedangkan tertinggi Rp 3 juta.

Untuk mahasiswa jalur mandiri Universitas Trunojoyo, akan dikenakan biaya kuliah sebesar UKT paling tinggi atau Rp 3 juta untuk semua jurusan. 

Selain UKT, mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri juga dikenakan Uang Pembangunan dengan besaran yang berbeda tergantung jurusan.

BACA JUGA:Guru Auto Full Senyum! Cek Proses Pencairan TPG Triwulan 2 2023, Sudah Cair?

3. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS resmi menerapkan sistem UKT sejak tahun 2012. Setiap program studi (prodi) dibagi menjadi delapan kelompok UKT. Biaya UKT kelompok I dan kelompok II untuk semua program studi yaitu Rp.475.000 dan Rp.975.500.

Sementara itu, biaya UKT pada kelompok III hingga VII lebih tinggi, dengan selisih antar kelompok berkisar antara Rp400.000 hingga Rp1 juta. Selisih nominal ini akan semakin besar di kisaran golongan VII hingga VIII, mencapai Rp100.000 hingga Rp4 juta.

BACA JUGA:Cek Tanggalnya! Bansos BPNT Tahap 3 Cair Juli 2023, Cek Penerimanya Sekarang, Bantuan Hingga Rp2.400.000

4. Universitas Terbuka (UT)

Biaya kuliah di PTN Indonesia termurah juga dirasakan mahasiswa di Universitas Terbuka (UT).

Biaya kuliah di UT tergantung pada skema layanan yang dipilih mahasiswa, yaitu Skema Layanan Sistemn Paket Semester (SIPAS) atau Non-SIPAS (per sks). Biaya UKT hingga UT berkisar antara Rp500.000 hingga Rp3.650.000 per semester.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: