Waspada TBC! 63 Masyarakat Seluma Positif Terpapar

Waspada TBC! 63 Masyarakat Seluma Positif Terpapar

Riduwan, Kabid P2P Dinas Kesehatan Seluma saat dimintai keterangan, Senin 24 Juli 2023.--(Sumber Foto: Wisnu/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma, terus melakukan pendataan dengan masyarakat yang banyaknya mengalami terjangkit penyakit menular. 

Salah satu penyakit menular yang saat ini tengah mewabah di Kabupaten Seluma adalah Tuberkulosis (TBC), dimana pada saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Dalam Kasus OTT Proyek BBWSS VIII, Pengakuan Saksi Kades Lakukan Potongan Rp55 Juta

Hal ini diungkapkan oleh Riduwan Kepala Bidang (Kabid) P2PM Dinkes Seluma, berdasarkan data yang ada saat ini kasus TBC di Kabupaten Seluma tengah mengalami peningkatan. 

Jika sebelumnya terdapat 45 masyarakat yang terpapar kasus TBC, sejauh ini kembali mengalami peningkatan menjadi 63 kasus yang dinyatakan positif mengidap penyakit TBC. 

BACA JUGA:Bikin Terenyuh, Ilmuan Temukan Jejak Kota Sodom dalam Kisah Nabi Luth, Kehancuran bagi Kaumnya

"Kalau untuk saat ini kasus TBC mengalami kenaiakan lagi. Sebelumnya, Januari sampai Juni ada 45 kasus, kini di bulan Juli mengalami kenaikan lagi ada terdata sebanyak 18 kasus dan total keseluruhan ada 63 kasus," ungkap Riduwan, Kabid P2PM Dinkes Seluma, Senin 24 Juli 2023.

Mengingat penyakit TBC ini proses penularannya begitu cepat, masyarakat diminta agar tetap waspada dan terus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menjaga aktivitas sehari-hari. 

BACA JUGA:Pengakuan Bendahara P3A Proyek BBWSS VIII Kepahiang, Kades Potong Rp55 Juta dari Anggaran Rp136 Juta

Selain itu, jika mengalami demam disertai batuk tanpa henti dan mengeluarkan darah agar bisa secepatnya melaporkan ke Puskesmas terdekat dan menjalani proses pengobatan.

"Tidak perlu takut dengan terbukanya aib untuk melakukan pengobatan penyakit TBC ini. Karena penyakit TBC ini meski menular tapi bisa disembuhkan," pungkasnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: