Launching Materi Terbaru Ujian SIM Roda 2, Cukup 60 Menit SIM C Selesai

Launching Materi Terbaru Ujian SIM Roda 2, Cukup 60 Menit SIM C Selesai

Simulasi Praktik ujian SIM C yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Rejang Lebong, Senin 7 Agustus 2023.--(Sumber Foto: Daman/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Satuan Penyelenggara Administrasi Surat Izin Mengemudi (SATPAS SIM) Polres Rejang Lebong Polda Bengkulu, melaunching ujian materi praktek kendaraan pembuatan SIM C bagi pengendara sepeda motor roda 2, yang di laksanakan di Lapangan Apel Satya Haprabu, Senin 7 Agustus 2023.

Launching ini diawali dengan sosialisasi terkait kepada undangan, dan dilanjutkan dengan dimulainya launching materi ujian terbaru, dengan uji coba langsung oleh anggota Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) mencoba jalur ujian SIM, yang ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh Kapolres AKBP Juda T Tampubolon, S.Ik.

BACA JUGA:Segera Amalkan! Bacalah Doa Setelah Sholat Istikharah, Ada Amalan Minta Petunjuk Tentang Jodoh

"Launching materi ujian SIM terbaru, yang mana sistem ini atas perintah Bapak Kapolri memudahkan masyarakat dalam rangka untuk pembuatan SIM," ungkap Kapolres. 

Dengan adanya materi ujian ini, ia berharap selama ini ada warga masyarakat yang mengeluhkan sulit, namun tidak mengurangi kualifikasi standar yang diperlukan dalam berlalu lintas. 

BACA JUGA:Ramalan Zodiak 7 Agustus 2023, Aries Kepergok Selingkuh, Suasana Hati Leo Lagi Suram

"Contohnya perubahan dari jalur angka 8 menjadi huruf S, lebar dari 1,5 meter menjadi 2,5 meter dan panjang track sepanjang 20 meter termasuk di tahap uji terakhir akan ada jalur cabang dua, apakah kanan atau kiri yang boleh dilewati nanti petugas yang menentukan," terangnya. 

Kapolres pun berharap dengan materi ujian terbaru tersebut, tentunya bisa membuat pengedara untuk tertib berlalu lintas dengan memiliki SIM dan belum punya silahkan mengajukan pembuatan ke Satpas SIM Polres Rejang Lebong. 

BACA JUGA:Sudah Hari Senin, Pakai 25 Kata-kata Motivasi Penuh Semangat Ini, Buat Harimu Makin Percaya Diri

Sementara itu, Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf M Renaldy Herbowo memberikan apresiasi adanya perubahan ini bisa memudahkan bagi masyarakat untuk memiliki SIM karena sangat penting dalam berkendara. 

"Tentunya uji SIM kali ini, mungkin yang selama ini kita lihat ada kesulitan bagi masyarakat, dan kita sudah mengujinya bahwa Polri sudah membenahi tidak mempersulit dalam pengurusan SIM. Jadi tentunya dengan seperti ini, masyarakat bisa mudah mengurus SIM, karena ini penting," ujarnya. 

BACA JUGA:CPNS 2023 Kapan Dibuka? Cek Jadwal Terbaru, Lengkap dengan Detail Formasi

Disisi lain, Kasat Lantas Iptu Melisa, S.Tr.K, S.Ik mengatakan, walaupun ada perubahan materi ujian dari jalur angka 8 menjadi jalur sirkuit hurup S, tentunya dipermudah namun tak mengurangi kemahiran dalam berkendara. 

"Untuk administrasi dan ujian teorinya masih sama, yang hanya ujian praktek ini. Selain itu, untuk waktu pembuatan SIM ini lebih cepat, jika lulus semua tahapan ujian, maka dalam satu hari atau 60 menit saja, SIM bisa selesai," singkatnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: