Lahan Kosong di Desa Linau Kaur Terbakar

Lahan Kosong di Desa Linau Kaur Terbakar

Anggota Polsek Maje bersama masyarakat berjibaku memadamkan api yang sudah menjalar melahap lahan semak belukar yang diperkirakan luas lahan sekitar 5 hektar di Desa Linau Kecamatan Maje Kabupaten Kaur pada Senin 4 September 2023.--(Sumber Foto: Dedi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS.COM - Anggota Polsek Maje bersama masyarakat berjibaku memadamkan api yang sudah menjalar melahap lahan semak belukar yang diperkirakan luas lahan sekitar 5 hektar di Desa Linau Kecamatan Maje Kabupaten Kaur pada Senin 4 September 2023.

BACA JUGA:600 Hektar Lahan Sawah di Provinsi Bengkulu Alami Kekeringan

Kejadian terjadi sekitar pukul 16.00 WIB kepulan asap membuat masyarakat sekitar riuh dan berdatangan untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya karena khawatir api menjalar ke pemukiman warga setempat.

BACA JUGA:Tempo Sehari, Lima lahan di Kota bengkulu Terbakar

Peristiwa itu diketahui oleh anggota Polsek Maje saat berpatroli, anggota kepolisian dipimpin Kapolsek Maje Iptu Ferdiansyah,SH beserta masyarakat sekitar berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya agar api tidak meluas dan menjalar ke pemukiman warga.

BACA JUGA:Antisipasi Karhutla, Dinas LHK Bengkulu Imbau Masyarakat Tak Buka Lahan dengan Cara Dibakar

Kapolres Kaur AKBP Eko Budiman, SIK., MIK.,MSi melalui Kapolsek Maje membenarkan peristiwa kebakaran lahan kosong tersebut, dirinya menyebut penyebab terjadinya kebakaran diduga berasal dari api puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:Lahan Pertanian Terus Menyusut, Dinas TPHP Dorong Realisasi SK LP2B

"Ya kejadiannya sekitar pukul 16.00 wib dan penyebab nya diduga dari api puntung rokok karena menurut keterangan saksi api berasal dari pinggir jalan," kata Kapolsek Maje.

BACA JUGA:3 Resep Kreasi Olahan Sosis, Cocok Jadi Lauk Makan Anak, Praktis dan Gampang Dibuat

Iptu Ferdiansyah SH menghimbau kepada  masyarakat agar tidak sembarangan membuang puntung rokok dan bermain api karena kondisi saat ini sedang kemarau.

Setelah berjibaku akhirnya api berhasil dipadamkan hingga pukul 18.00 WIB.

BACA JUGA:Lahan Pertanian Terus Menyusut, Dinas TPHP Dorong Realisasi SK LP2B

"Saya berharap atas kejadian ini agar tidak sembarangan membuang puntung rokok karena saat ini musim kemarau sehingga dedaunan yang kering mudah terbakar saat ada percikan api," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: