Masya Allah, Panen Perdana Pohon Kurma di Halaman BEMG, Sukatno: Buah Kurmanya Tanpa Biji

Masya Allah, Panen Perdana Pohon Kurma di Halaman BEMG, Sukatno: Buah Kurmanya Tanpa Biji

Direktur Bengkulu Ekspress Media Grup, Sukatno saat melakukan panen buah kurma. --(Sumber Foto: Abdu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Buah kurma yang juga sering disebut buah Nabi , merupakan buah dengan segudang manfaat dan merupakan tumbuhan endemik yang banyak tumbuh di Timur Tengah. 

Beruntungnya tanaman ini pun bisa tumbuh dengan subur di tengah Kota Bengkulu dan berbuah, contohnya saja di halaman kantor Graha Pena Bengkulu Ekspress Media Grup (BEMG) yang mana tumbuh subur 3 pohon kurma.

Menariknya lagi, tepat pada hari ini Selasa 19 September 2023 dilakukan panen perdana dan langsung dicicipi oleh karyawan BEMG. 

Diungkapkan Sukatno selaku Direktur Utama BEMG bahwa, sebelumnya pohon kurma ini sempat berbuah sebanyak 3 kali namun baru dapat dicicipi pada hari ini, karena sebelumnya buah dari pohon kurma ini selalu dimakan oleh tupai serta rontok.

Sekelas pohon kurma yang tumbuh subur dan berbuah termasuk langka dan jarang ada di Kota Bengkulu khususnya. 

Untuk bibit dari kurma berasal dari Mekkah ketika dirinya menjalankan ibadah Umroh beberapa waktu lalu.  

BACA JUGA:Kapolresta Bengkulu Berkunjung ke BEMG, Selain Pererat Silaturahmi, Ini Sederet Agenda Lainnya

"Alhamdulillah bibit ini sebenarnya pada waktu umroh bawak dari Mekkah. Yang abis sisa dimakan itu kemudian disemai dan Alhamdulillah bisa tumbuh dan selalu berbuah sekarang dan bisa dimakan," kata Sukatno. 

BACA JUGA:6 Buah Favorit Nabi Muhammad SAW, Buah Kurma Paling Disukai

Tak hanya itu, turut diungkapkannya buah ini memiliki keunikan yakni tidak memiliki satupun biji pada buahnya. Kemudian untuk tekstur rasa dari buah kurma ini rasa manis bercampur sepat atau kesat di lidah. 

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW dan Pohon Kurma, Beliau Menangis Karena Hal Ini! Siapa Dia?

"Untuk pengolahannya kita belum tau juga di Arab itu apa direbus atau dijemur dulu , kalo inikan makannya mentah kayak gini aja. Kayaknya dia berbuah ini 6 bulan atau 1 tahun sekali ya. Kemungkinan juga dia berbuah lebat  ini karena faktor cuaca yang nggak hujan ini ya," tutup Sukatno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: