Kinerja Baik, 37 Desa di Seluma Dapat Tambahan Dana Desa dari Kemenkeu, Berikut Daftaranya

Kinerja Baik, 37 Desa di Seluma Dapat Tambahan Dana Desa dari Kemenkeu, Berikut Daftaranya

Kepala Bidang Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Seluma Gusti --(Sumber Foto: Wisnu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kabar baik, 37 desa di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu mendapatkan tambahan Dana Desa sebesar Rp5 miliar dari Kemekeu (Kementerian Keuangan) Republik Indonesia (RI). Kemenkeu menegaskan bahwa sesuai ketentuan Pasal 14 Undang-Undang nomor 28 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2023, telah dialokasikan Tambahan Dana Desa pada tahun anggaran 2023 yang akan ditetapkan lebih lanjut dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang saat ini sedang dalam proses penyusunan salinan PMK.

BACA JUGA:Grebek Lokasi Judi Sabung Ayam di Babatan Seluma, Polisi Amankan 2 Orang

Kepala Bidang Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Seluma Gusti membenarkan hal tersebut. Dirinya menyebut total tambahan Dana Desa yang dialokasikan dari pemerintah pusat ini berdasarkan kinerja pemerintah desa dan penghargaan dari Kementerian atau Lembaga. 

Untuk itu kepada Pemerintah Desa yang mendapat tambahan dana agar mempersiapkan rencana penggunaan untuk mendanai kegiatan sesuai prioritas Desa dan atau penanganan bencana alam dan non alam serta mendukung visi dan misi Bupati-Wakil Bupati Seluma.

BACA JUGA:DLH Seluma Akan Uji Air Sungai yang Diduga Tercemar Limbah PT AIP

"DD tambahan ini akan kita salurkan dengan 37 Desa, dengan alasan desa tersebut memang banyak melalukan pembangunan dan kegiatan, serta lebih cepat dalam melakukan pengurusan administrasi dan mengalokasikan DD sebelumnya," sampai Gusti, Sabtu 30 September 2023.

"Mungkin sebentar lagi DD tambahan ini akan disalurkan. Karena saat ini kita masi menunggu kelengkapan administrasi dari masing-masing desa, bahwa uang tersebut akan digunakan untuk apa kedepannya. Karena pencairan uang ini memang ada syarat dari Kementrian Pusat, bahwa harus digunakan untuk yang benar-benar Prioritas Desa," pungkasnya.

BACA JUGA:Warga Keluhkan Sampah Berserakan di Dekat Jembatan Siabun Seluma

Sementara itu sebelumnya di tahun anggaran 2023 ini Kabupaten Seluma telah mendapatkan alokasi Dana Desa dari pemerintah pusat sebesar Rp147 miliar untuk 182 desa se-Kabupaten Seluma, dengan besaran yang diterima berbeda-beda paling kecil mendapatkan lebih dari Rp500 juta.

BACA JUGA:5 Pengembang Perumahan Serahkan PSU ke Pemkab Seluma

Berikut 37 Desa yang mendapatkan Dana Desa tambahan dari Kemenkeu RI:

1. Desa Bukit Peninjauan 1 Kecamatan Sukaraja

2. Desa Lubuk Sahung Kecamatan Sukaraja

3. Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: