Hari Ini Siap Dapat BLT Rp400.000? Segera Cek Penerima Bansos BPNT Tahap 5, Pastikan Nama Kamu Termasuk!

Hari Ini Siap Dapat BLT Rp400.000? Segera Cek Penerima Bansos BPNT Tahap 5, Pastikan Nama Kamu Termasuk!

Cek penerima bansos BPNT 2023 tahap 5 cair hari ini Rp400.000.--(Sumber Foto: Tria/BETV)

BETVNEWS - Kabar baik! Penerima BPNT siap-siap dapat BLT Rp400.000 hari ini, 14 Oktober 2023. Tahap 4 cair kepada penerima manfaat di seluruh Indonesia. Cek penerima di link cekbansos.kemensos.go.id.

Apabila kamu terdata sebagai penerima bansos, maka selamat! Kamu akan mendapatkan bantuan uang gratis dari pemerintah setiap bulan.

Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah yang berupaya menurunkan angka kemiskinan di Indonesia, termasuk target penghapusan kemiskinan ekstrem nol persen pada tahun 2024.

BACA JUGA:Sudah Cek Akun Kamu? Bansos PIP Kemdikbud 2023 Cair Lagi ke Rekening Anak Sekolah, Klik di pip.kemdikbud.go.id

Maka dari itu, saat ini pemerintah maish terus menggelontorkan sejumlah bansos dalam rangka mengupayakan kesejahteraan masyakat Indonesia sekaligus sebagai upaya untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin.

Salah satunya adalah bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) 2023.

Melansir dari Wikipedia, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebenarnya diluncurkan sebagai bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai atau Kartu Sembako, yang diberikan pemerintah pada masyarakat kurang mampu setiap bulan selama satu tahun penuh.

Pada 23 Desember 2020, skema penyaluran bansos BPNT diubah menjadi BLT dengan bantuan berupa uang tunai Rp200.000 per bulan.

Jika diakumulasikan dalam setahun, maka penerima bisa memperoleh bantuan sebesar Rp2.400.000.

BACA JUGA:Penerima Kategori Ini Dapat Bansos PKH 2023 hingga Rp750 Ribu, Segera Cek Status Namamu, Masih Terima BLT?

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Sosial masih terus menyalurkan bansos BPNT 2023 secara bertahap kepada penerima manfaat yang memiliki KKS (Kartu Kesejahteraan Sosial).

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 1 Tahun 2018, KKS adalah Kartu Kombo yang digunakan untuk penyaluran Bantuan Sosial secara nontunai.

Namun uang bansos tidak dicairkan dalam sekali waktu melainkan dalam beberapa tahapan dalam setahun.

Ada dua cara penyaluran bansos BPNT, yakni melalui Bank Himbara (BNI, BRI, BTN, Mandiri) dan PT Pos Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: