Jangan Salah Pilih! Investasi Emas Perhiasan atau Emas Batangan Antam, Mana yang Lebih Cuan? Ini Jawabannya

Jangan Salah Pilih! Investasi Emas Perhiasan atau Emas Batangan Antam, Mana yang Lebih Cuan?  Ini Jawabannya

Ilustrasi. perbedaan emas Antam dan emas perhiasan untuk investasi.--(Sumber Foto: Web/bareksa.com)

BETVNEWS - Emas merupakan instrumen investasi yang paling diminati di Indonesia. Selain karena harga yang terjangkau, investasi emas dianggap sebagai safe heven (tempat perlindungan yang aman) bagi masyarakat di masa sulit.

Di sisi lain, ada dua jenis emas untuk investasi di Indonesia, yakni emas perhiasan dan emas batangan Antam. Keduanya memiliki perbedaan baik dari segi harga maupun ukuran.

Bagi kamu yang baru akan mencoba investasi emas, penting untuk memahami terlebih dahulu perbedaan dari emas perhiasan dan emas batangan Antam sebagai instrumen investasi.

BACA JUGA:Berikut 4 Merek Investasi Emas Terpopuler di Indonesia, Nomor 3 yang Paling Cepat Cuan, Ini Alasannya

Melansir dari laman resmi logam mulia di logammulia.com, harga emas perhiasan cenderung lebih cepat berubah-ubah jika dibandingkan dengan emas batangkan.

Harga emas perhiasan biasanya akan mengalami sedikit penurunan saat dijual kembali, berbeda dengan emas batangan milik Antam yang cenderung stabil bahkan harganya terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Perbedaan tersebut didorong oleh beberapa faktor sebagai berikut:

BACA JUGA:Kamu Wajib Paham Sebelum Investasi, Ini 4 Perbedaan Emas Antam dan UBS, Mana yang Lebih Murah?

1. Kadar kemurnian 

Dililihat dari kadar kemurnian yang terkandung di dalamnya. Emas perhiasan umumnya sudah memiliki campuran sehingga tidak murni lagi, berbeda dengan emas batangan Antam yang memiliki kadar kemurnian 99.99 persen.

2. Upah Produksi

Upah produksi emas batangan antam dan emas perhiasan ternyata berbeda, logam mulia antam dicetak menggunakan mesin berteknologi tinggi agar menghasilkan bentuk yang presisi sehingga biaya yang di keluarkan cukup besar.

BACA JUGA:Mau Mulai Investasi? Ini Rekomendasi Merek Emas yang Paling Bikin Cuan, Dijamin Keasliannya

Di sisi lain, emas perhiasan diproduksi melalui tangan pengrajin. Oleh sebab itu emas perhiasan memiliki beragam bentuk,  pengrajin akan membuat emas perhiasan sesuai dengan desain yang diinginkan pembeli. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: