dempo

Hari Pasta Sedunia 25 Oktober 2023: Simak Resep Rose Pasta Khas Korea Selatan, Sajian Istimewa nan Lezat

Hari Pasta Sedunia 25 Oktober 2023: Simak Resep Rose Pasta Khas Korea Selatan, Sajian Istimewa nan Lezat

Hari Pasta Sedunia 25 Oktober: Simak Resep Rose Pasta Khas Korea Selatan, Sajian Istimewa dengan Rasa Lezat--(Sumber Foto: Fimela.com)

BETVNEWS - Tanggal 25 Oktober diperingati sebagai Hari Pasta Sedunia.

Pasta adalah suatu makanan olahan yang biasanya digunakan dalam masakan Italia. Umumnya pasta terdiri dari adonan tidak beragi dari tepung terigu durum yang dicampur dengan air atau telur serta dibentuk menjadi lembaran atau berbagai bentuk. Kemudian dimasak dengan cara direbus atau dipanggang. 

Di Indonesia, jenis pasta yang paling populer adalah spageti, makaroni, dan lasagna. Namun sebenarnya masih banyak jenis pasta lainnya, seperti vermiseli, fusilli, penne, fetucini, ravioli dan sebagainya.

BACA JUGA:25 Oktober Memperingati Hari Pasta Sedunia dan Hari Seniman Internasional, Cek Penjelasan Selengkapnya

Karena kelezatan dan kepopulerannya, makanan ini dirayakan setiap tanggal 25 Oktober dengan nama peringatan Hari Pasta Sedunia.

Orang-orang telah makan pasta setidaknya sejak 5.000 SM. Namun, peringatan ini baru ditetapkan pada tahun 1995, ketika 40 produsen pasta dari seluruh dunia berkumpul untuk mengadakan Kongres Pasta Dunia yang pertama di dunia. 

Sejak itu, setiap bulan Oktober dunia bersatu untuk memberikan penghormatan kepada salah satu makanan paling lezat dan serbaguna yang dikenal manusia. 

Meskipun legenda mengatakan bahwa Marco Polo mengimpor pasta dari Tiongkok pada tahun 1200-an, penulis makanan Inggris Jane Grigson yakin bahwa perusahaan spageti Kanada mungkin yang memulai kisah tersebut pada tahun 1920-an.

BACA JUGA:26 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Daftar Lengkapnya Disini, Ada Hari Kanker Payudara Sedunia

Diketahui pasta kering melonjak popularitasnya pada abad ke-14 dan ke-15, terutama karena kemudahan dalam penyimpanannya. Hal ini memungkinkan orang untuk membawa pasta ke dalam kapal saat menjelajahi ke penjuru dunia.

Hongaria memiliki pabrik pasta pada tahun 1859, sementara Perusahaan Buitoni di Italia tengah mulai memproduksi pasta hanya delapan tahun kemudian. Tren ini berpindah ke Republik Ceko saat ini pada tahun 1884.

Popularitas pasta semakin berkembang di AS pada akhir abad ke-19, ketika sekelompok besar imigran Italia pindah ke Amerika.

BACA JUGA:24 Oktober Diperingati Sebagai Hari Perserikatan Bangsa-bangsa, Cek Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Perayaan Hari Pasta Sedunia sendiri baru dimulai pada tahun 1995 ketika 40 produsen pasta dari seluruh dunia berkumpul untuk mengadakan Kongres Pasta Dunia yang pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: