dempo

Penting! Ini 4 Resiko Investasi Emas yang Wajib Diketahui oleh Investor Pemula, Berikut Penjelasannya

Penting! Ini 4 Resiko Investasi Emas yang Wajib Diketahui oleh Investor Pemula, Berikut Penjelasannya

Ilustrasi. Resiko investasi emas yang harus investor pemula ketahui.--(Sumber Foto: Web/Bareksa.com)

BACA JUGA:Wajib Dihindari! 5 Keslahan Investasi Emas Online Ini Bisa Bikin Kamu Jatuh Miskin, Investor Pemula Harus Tahu

Selain itu, resiko kehilangan juga dapat terjadi apabila investor menyimpan aset dalam bentuk emas batangan. kepemilikan logam mulia betangan sangat beresiko tinggi, karena apabila hilang maka akan menyebabkan kerugian yang sangat banyak

Namun resiko ini dapat diminimalisir dengan penggunaan safe deposit box, tapi sayangnya penggunaan layanan yang disediakan oleh pihak bank ini memiliki biaya tambanhan sebagai upah merawat dan menjaga emas tersebut.

BACA JUGA:Praktis Banget! Berikut Cara Investasi Melalui Layanan Tabungan Emas di Pegadaian, Cek Syaratnya di Sini

3. Risiko emas dipalsukan atau investasi bodong

Resiko investasi emas selanjutnya adalah kemungkinan dipalsukan. Hal ini bisa saja terjadi apabila, seorang yang baru mau memulai investasi. Oleh karena itu penting terlebih dahulu menetahui asal usul dari emas tersebut sebelum melakukan transkasi pembelian.

Terutama investasi emas online, jika kamu tidak teliti maka kemungkinan tertipu sangat besar. Hal ini terjadi karena banyak situs online yang menjual emas dengan embel-embel diskon dan lain sebagainya yang dapat membuat pembeli tergiur.

BACA JUGA:Mudah Banget! Lakukan 5 Cara Ini agar Investasi Emas Untung Maksimal, Nomor 3 Pemula Wajib Tahu

Di sisi lain, investasi emas fisik juga beresiko tertipu. Misalnya dengan penawaran kadar emas yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu membeli emas sebagai instrumen investasi di butik emas terpercaya yang sudah menjami keaslian dan kadar emas tersebut.

4. Tidak memberikan keuntungan jangka pendek

Emas memiliki nilai aset yang cederung terus naik setiap tahunnya. Namun, sayangnya emas tidak cocok jika dijadikan instrumen investasi jangka pendek. Hal ini karena investasi emas yang rendah resiko sehingga tidak mampu meraup keuntungan dalam jangka pendek.

BACA JUGA:Pemula Wajib Tahu! Selain Kelebihan, Ini 5 Kekurangan Investasi Emas untuk Masa Depan, Nomor 2 Paling Parah

Selain itu, investasi ini juga tidak bisa menghasilkan pendapatan pasif sebab tergolong dalam jenis aset aktif. Artinya, Anda bisa mendapatkan imbal hasil ketika menjualnya. Hal ini berbeda dengan investasi di instrumen lain seperti properti dan saham yang dapat memberikan keuntungan berkala. Terlepas dari resiko tersebut, emas sangat cocok dijadikan instrumen investasi oleh pemula karena rendah resiko.

BACA JUGA:Ini 5 Tips Investasi Emas yang Aman untuk Investor Pemula, Nomor 1 Penting Dilakukan agar Tidak Meleset

Meskipun tidak dapat mendatangkan keuntungan dalam jangka pendek tapi, emas mampu melindungi nilai aset saat keadaan krisis ekonomi atau masalah global lainnya. Hal tersebut karena emas kebal akan inflasi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: